Home Hukum Agung Ilmu Mangkunegara, Kader Nasdem, KPK Sita Rp600 Juta

Agung Ilmu Mangkunegara, Kader Nasdem, KPK Sita Rp600 Juta

184

Jakarta, Gatra.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga pagi telah mengamankan setidaknya tujuh orang dan barang bukti uang dari hasil operasi tangkap tangan tim penindakan KPK di Lampung Utara. "Sampai pagi ini, total yang diamankan tim KPK berjumlah tujuh orang. Ada tambahan pejabat Pemkab setingkat kepala seksi dan swasta," ujar Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (7/10).

Menurut Febri, ketujuh orang tersebut langsung dibawa ke Jakarta melalui jalur darat. Berikutnya dilakukan perjalanan menyeberangi Selat Sunda dan dibawa ke kantor KPK di Jakarta untuk proses lebih lanjut.

"Total uang yang diamankan sekitar 600 juta. Diduga terkait dg proyek di Pemkab Lampung Utara. Info lebih lanjut akan kami sampaikan melalui konferensi pers malam ini," jelasnya.

Sebelumnya tim penindakan KPK yang bertugas di Lampung Minggu malam melakukan operasi tangkap tangan. Usai melakukan pengecekan info dari masyarakat di lapangan yang diduga terdapat penyerahan uang yang diperuntukkan pada Kepala Daerah setempat.

"KPK mengamankan total 4 orang sejak sore hingga malam ini, yaitu Bupati, 2 Kepala Dinas dan 1 orang perantara," ujar Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif, saat dikonfirmasi, Minggu (6/10). Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara, kena operasi tangkap tangan (OTT) KPK.

Situs Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, Agung lahir di Kotabumi, Lampung Utara pada 17 Agustus 1982. Dia merupakan putra dari mantan Bupati Way Kanan, Tamanuri.

Sebelum terpilih menjadi bupati, Agung mejabat sebagai Camat Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung. Kemudian, dia terjun di pemerintahan menjadi Sekretaris Lurah Blambangan Umpu, Kabupaten Way kanan, Lampung.

Setelahnya, Agung mengikuti kontesasi Pilkada Lampung Utara pada 2013 silam. Ia memperoleh suara terbanyak dengan 162.427 suara (49,19 persen), sementara lawannya, ZA hanya memperoleh 127.163 (38,51 persen) dan M. Yusrizal mendapatkan 34.778 suara (10,53 persen). Kader Partai Nasdem tersebut ditetapkan sebagai Bupati Kabupaten Lampung Utara periode 2014-2019, pada usianya 32 tahun.

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS