Home Hukum Wali Kota Minta Kepala Sekolah Dorong Siswanya Membuat KIA

Wali Kota Minta Kepala Sekolah Dorong Siswanya Membuat KIA

49

Banda Aceh, Gatra.com – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meminta kepada seluruh Kepala Sekolah di Ibu Kota Provinsi itu agar dapat berpartisipasi dan mendorong seluruh siswa-siswinya untuk segera membuat Kartu Indentitas Anak (KIA). Permintaan itu disampaikannya saat memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Balai Kota, Banda Aceh, Senin (7/10). Kegiatan itu diikuti oleh seluruh ASN dijajaran Pemko Banda Aceh.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Aminullah menyerahkan secara simbolis KIA kepada pelajar sekolah SMP dan murid SD dalam wilayah Kota Banda Aceh. KIA yang diserahkan diantaranya kepada pelajar SMP Negeri 3, SMP Negeri 16, SD Negeri 20, SD Negeri 3, SD Negeri 24, SD Negeri 36 dan SD Negeri 54 Banda Aceh.

“Penyerahan KIA ini sebagai wujud keseriusan Pemko dalam mewujudkan Sekolah Layak Anak dan Kota Ramah Anak, diantaranya dengan memenuhi hak sipil anak,” kata Aminullah.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh yang telah melakukan percepatan pembuatan KIA dengan melakukan pelayanan ‘Jemput Bola’ ke sekolah, dari TK sampai ke tingkat SLTP dan juga gampong-gampong dalam wilayah Kota.

“KIA ini dibuat untuk memenuhi hak sipil anak, tujuan pemerintah menerbitkan KIA adalah untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusi warga negara,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, KIA juga mempunyai manfaat sebagai tanda pengenal atau bukti diri yang sah, untuk persyaratan pendaftaran sekolah, untuk transaksi keuangan seperti membuka buku rekening, pelayanan kesehatan, pembuatan dokumen keimigrasian seperti pembuatan passport, juga untuk mencegah terjadinya perdagangan anak.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS