Home Kebencanaan Pangdam Pattimura Sumbang Darah untuk Korban Gempa

Pangdam Pattimura Sumbang Darah untuk Korban Gempa

176

Ambon, Gatra.com- Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayor Jenderal TNI Marga Taufiq, menyumbangkan darahnya untuk korban gempa Maluku dan masyarakat yang membutuhkan.

Orang nomor satu TNI Angkatan Darat di Provinsi Maluku dan Maluku Utara ini menyumbangkan darah melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ambon.

Donor darah dalam rangka memperingati HUT Kesehatan Angkatan Darat (Kesda) ke-74 tersebut, berlangsung di Rumah Sakit Tentara (RST) dr. J. A. Latumeten, Kota Ambon, Maluku, Selasa (8/10/2019).

"Untuk korban gempa semuanya. Seperti darah saya ini AB katanya ada yang langsung digunakan," kata Taufiq kepada wartawan usai donor darah di RST.

Menurutnya, rangkaian kegiatan peringatan HUT Kesda ini dilakukan secara serempak di seluruh rumah sakit Angkatan Darat di Indonesia.

"Seluruh rumah sakit angkatan darat di Indonesia menargetkan 15.000 kantong darah. Untuk fasilitas di sini ada 200 kantong darah," katanya.

Aksi kemanusian yang dilakukan pihaknya, lanjut Jenderal Bintang 2 TNI ini juga turut berpartisipasi oleh anggota satuan baik Angkatan Laut, Angkatan Udara maupun Kepolisian.

"Bahkan purnawirawan kesehatan Angkatan Darat itu juga hadir di sini. Dan beberapa masyarakat yang memang sering mendonorkan darahnya juga kita terima," ujarnya.

Mantan Pangdivif 2 Kostrad ini mengaku, darah yang didonorkan tersebut juga disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Kota Ambon.

"Darah ini disumbangkan kepada masyarakat melalui Palang Merah. Lebih bagus kalau Palang Merah. Kita hanya membantu mencarikan," tandasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS