Home Gaya Hidup Genjot City Tour, Banyumas Siapkan Bus Pariwisata

Genjot City Tour, Banyumas Siapkan Bus Pariwisata

BanyumasGatra.com - Pemerintah Kabupaten Banyumas berupaya menggenjot kunjungan wisata pada sejumlah daya tarik wisata di Kota Purwokerto. Wisatawan bakal dimanjakan dengan kehadiran bus pariwisata.

Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Banyumas, Saptono Supriyanto mengatakan, pihaknya tengah mengusulkan pengadaan bus pariwisata kepada Kementerian Perhubungan. Moda transportasi wisata ini diharapkan dapat melayani kebutuhan pengunjung dengan paket city tour.

"Ini sedang diminta untuk diusulkan ke Kemenhub. Segera kita diajukan," ujarnya, Rabu (8/10).

Rencananya, kata Saptono, armada bus yang diusulkan berjumlah dua buah. Adapun pilihan jalur city tour yang disiapkan di antaranya mengunjung dua buah Taman Kota di Purwokerto, Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman, Pendapa Kabupaten Banyumas, serta Baturraden.

Menurut Saptono, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebenarnya telah mengoperasikan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng untuk koridor Purwokerto-Purbalingga sejak tahun 2018. Bus tersebut bergambar sejumlah objek wisata di Banyumas dan Purbalingga.

Pada Minggu (6/10) lalu, Pemkab Banyumas kembali menerima bantuan lima unit BRT dari Kementerian Perhubungan. Moda transportasi massal tersebut digunakan untuk mendukung koridor yang telah ada.

"Khusus untuk bus pariwisata, operasional hariannya digunakan untuk wisata edukasi bagi anak-anak sekolah yang ingin berkunjung ke objek wisata di sekitar Kota Purwokerto," ucapnya.

886