Home Kebencanaan Pengungsi Gempa Maluku akan Dapat Layanan Kesehatan Gratis

Pengungsi Gempa Maluku akan Dapat Layanan Kesehatan Gratis

129
Ambon, Gatra.com - Pengungsi di wilayah yang paling terkena dampak gempabumi Maluku, akan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis setiap harinya dari lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Indonesia.
 
"Kami siapkan sekitar sepuluh tenaga medis dari luar Ambon, dan kami telah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit dan pemerintah setempat. Sehingga kami mengcover wilayah yang belum tertangani sama sekali," ujar Direktur Program ACT, Wahyu Novyan, kepada media, di Posko Utama ACT, Nania, Ambon, Senin (14/10/2019).
 
Wahyu menuturkan, layanan kesehatan tersebut dilakukan secara mobile sebab banyak masyarakat di pengungsian yang tidak dapat menjangkau posko-posko kesehatan.
 
"Kita yang datang kepada masyarakat, sebab banyak lokasi pengungsi yang jauh dan berada di perbukitan, sehingga sulit menjangkau posko kesehatan," terangnya.
 
Wahyu menambahkan, jika masa tanggap darurat selesai maka pihaknya akan melakukan proses recovery terhadap para korban di pengungsian.
 
"Kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan sandang para pengungsi, maka ketika proses recovery kami mulai kami akan menyediakan Intergrated Community Shelter (ICS) bagi pengungsi," ujarnya.
 
Sebab menurut Wahyu saat ini para pengungsi masih menempati tenda terpal yang rentan terutama ketika hujan deras.
 
"Mereka masih trauma untuk kembali ke rumah yang rata-rata sudah tidak dapat ditinggali karena rusak sedang maupun berat," ungkapnya.
 
Lantaran itu Wahyu katakan, pihkanya akan menyediakan shelter bagi para pengungsi terutama di Desa Liang, Kabupaten Maluku Tengah, yang paling parah terkena dampak gempabumi 6.8 scala richter (SR), pada Kamis lalu (27/9/2019).
 
"Rencananya akan kami bangun dua shelter, namun masih kami siasati untuk lahannya. Kami sedang berkoordinasi dengan Kepala Desa terkait, serta pemerintah provinsi maupun kota dan kabupaten," tandasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS