Home Kebencanaan BNPB Harap Data Imbas Gempa Maluku Rampung Pekan Ini

BNPB Harap Data Imbas Gempa Maluku Rampung Pekan Ini

78

Ambon, Gatra.com- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, berharap semua data dari imbas bencana alam gempabumi di Maluku, bisa dirampungkan dalam pekan ini.

Wali Kota Ambon, Bupati Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat, yang merupakan petinggi daerah terdampak gempabumi pada 26 September 2019, diminta untuk mengeluarkan Surat Keputusan (SK).

"Diharapkan dalam minggu ini semua data itu bisa tercover sehingga bisa di SK-kan oleh Bupati/Walikota," ungkap Budi Erwanto, Kepala Sub Direktorat Kompensasi dan Pengembalian Hak Pengungsi BNPB,  kepada wartawan di Kota Ambon, Selasa (15/10/2019).

Menurut Erwanto, data korban bencana alam yang akan di SK-kan Bupati/Wali Kota, nanti menjadi pegangan resmi BNPB dalam penanganan korban gempabumi berkekuatan 6.8 SR tersebut.

"Data yang di SK-kan yang kita pegang untuk pembangunan," terangnya.

Pendamping BNPB dalam penanganan bencana gempa di Maluku itu, mengaku sampai saat ini data yang masuk bervariasi. Datanya terus berkembang dan di update oleh petugas lapangan dalam hal ini BPBD.

"Data ini dinamis, artinya masih di input kawan-kawan juga, dan itu biasa. Diharapkan Pemerintah Daerah menghimpun data by name by address dan tidak ada yang tertinggalkan," pinta Erwanto.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS