Home Politik Kemendagri Minta DPRD Sukseskan Pilkada Tahun 2020

Kemendagri Minta DPRD Sukseskan Pilkada Tahun 2020

Jakarta, Gatra.com - Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo mengimbau kepada DPRD Provinsi di Seluruh Indonesia, terutama daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada untuk turut menyukseskan Pilkada Tahun 2020.

"Kami juga inginkan nanti di daerah Tahun 2020 sebagaimana kami pesankan, akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah di 270 daerah dari mulai pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, tentunya ini harus diselenggarakan dengan baik," ujarnya di Kantor BPSDM, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (17/10). 

Hadi juga meminta DPRD untuk mengawal dan mengikuti setiap proses penyelenggaraan Pilkada dari berbagai aspek, mulai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), penetapan distribusi logistik, hingga mendorong partisipasi masyarakat.

Baca juga: Hanya Dapat Rp17 Miliar, KPU Solok Tak Sanggup Gelar Pilkada

"Semua harus berjalan dengan baik, dari aspek penyelenggaraan dari awal NPHD, angggaran untuk KPU, Bawaslu, pengamanan, tentunya bapak/ibu mengawasi penetapan distribusi logistik, serta upaya untuk mendorong partisipasi masyarakat agar menggunakan hak pilihnya," jelas Hadi. 

Lebih lanjut dia mengklaim bahwa tingkat partisipasi masyarakat pada Pilkada 2018 sebesar 73 persen. Sedangkan, tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu Serentak 2019 mencapai 81 persen lebih. Dengan capaian itu, Hadi berharap pada Pilkada 2020 tingkat partisipasi masyarakat kian meningkat.

“Kita harapkan 270 daerah di Pilkada ini mampu ada peningkatan seiring dengan  peningkatan partisipasi masyarakat pada Pemilu secara serentak pada tahun 2019,” imbuhnya.

148