Home Info GTK GTK Capai Target yang Ditetapkan Jokowi

GTK Capai Target yang Ditetapkan Jokowi

315

Jakarta, Gatra.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, menyampaikan capaiannya selama 5 tahun memimpin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kemendikbud pada 5 tahun ini dapat mencapai target-target yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Muhadjir menjelaskan bahwa Kemendikbud pada periode Kepemimpinan Presiden Joko Widodo di Periode 2014-2019 berhasil mengembangkan Sumber Daya Guru melalui pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sebagai pengembangan keprofesian guru. Kemendikbud berhasil mengembangkan beberapa pengembangan terkait pengembangan guru keprofesian.

"Beberapa inovasi pengembangan keprofesian guru membuat jumlah kenaikan akumulatif GTK yang diambil PKB mana mana di tahun 2015 meningkat 41,959, naik signifikan di tahun 2019 menjadi 1.933.529," ungkap Muhadjir di Jakarta, Sabtu (19/10).

Lebih lanjut, PKP menjadi terobosan Ditjen GTK untuk melengkapi kegiatan pengembangan keprofesian guru di tahun sebelumnya.

PKP Meningkatkan kualitas pembelajaran yang diharapkan bermuara pada Peningkatan kualitas siswa. Pola pelatihan Berbasis Zonasi melalui Pemberdayaan Kelompok kerja guru dan tenaga kependidikan ini berbeda dengan pelatihan guru di masa lalu yang dilaksanakan di kota khusus atau pelatihan per wilayah secara nasional. Meskipun mengikuti PKP, guru tidak perlu lagi meninggalkan sekolah agar tetap mengikuti PKP.

"Seorang guru atau tenaga pendidik memiliki tanggung jawab besar terhadap keberlangsungan generasi penerus bangsa. Jadi penting untuk terus mendongkrak kompetensi mereka. Dengan kompetensi yang tinggi, guru yang ditunjuk harus mendapat kompetensi didik kian terasah," kata Mendikbud.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS