Home Internasional Ditekan Trump, Biden Pertajam Keunggulan Pemilihan Nominasi

Ditekan Trump, Biden Pertajam Keunggulan Pemilihan Nominasi

New York, Gatra.com -- Mantan Wakil Presiden Joe Biden mempertajam keunggulannya dari selusin kandidat bakal calon presiden Demokrat lainnya. Semua itu karena 'skandal' Presiden Donald Trump yang mencoba menekan seorang pemimpin asing (Presiden Ukraina) untuk menyelidikinya. Itulah hasil jajak pendapat Reuters/Ipsos dirilis pada Jumat, 18/10. Demikian Reuters, 19/10.

Jajak pendapat 17-18 Oktober menghasilkan bahwa 21% pemilih Demokrat dan independen mengatakan memilih Biden dalam kontes nominasi seluruh negara bagian yang dimulai tahun depan. Naik 3 poin persentase dari jajak pendapat serupa yang dilakukan akhir September.

Senator Demokrat di Senat mengadakan dengar pendapat untuk menyelidiki apakah Trump secara tidak patut menekan Ukraina untuk menyelidiki Biden dan putranya Hunter, yang duduk di dewan perusahaan energi Ukraina. Senat dapat memilih untuk memakzulkan Trump akhir tahun ini, yang akan memicu persidangan di Senat yang dikontrol Republik di mana penggulingan tampaknya tidak mungkin. Trump menyangkal dia melakukan kesalahan.

Sejauh ini, penyelidikan tampaknya tidak mengguncang dukungan publik untuk Biden atau kandidat lain untuk pencalonan Demokrat. Menurut jajak pendapat, 16% pemilih Demokrat dan independen mengatakan mendukung Senator A. Bernie Sanders dari Vermont, dan 15% mendukung Senator A. Elizabeth Warren dari Massachusetts.

Walikota Pete Buttigieg dari South Bend, Indiana, mendapat 5% dukungan, dan Senator AS Kamala Harris dan mantan anggota Kongres Texas Beto O'Rourke, masing-masing mendapat 3%.

Dengan kurang dari empat bulan sebelum Iowa mengadakan kontes nominasi pertama, pertarungan untuk nominasi Demokrat tetap terbuka lebar. Sekitar 1 dari 5 pemilih mengatakan mereka tetap ragu-ragu, dan hampir dua pertiga dari pemeilih Demokrat dan independen mengatakan mereka masih bisa berubah pikiran. Banyak kandidat, termasuk Buttigieg, O'Rourke dan Harris, masih relatif tidak dikenal sebagian besar orang Amerika.

Jajak pendapat Reuters/Ipsos dilakukan secara online, dalam bahasa Inggris, di seluruh Amerika Serikat. Ini mengumpulkan tanggapan dari 1.116 orang dewasa secara keseluruhan, termasuk 703 Demokrat dan independen. Ini memiliki interval kredibilitas, ukuran presisi, sekitar 4 poin persentase.

230