Home Kebencanaan Angin Kencang Rusak Ratusan Rumah Warga di Tegal

Angin Kencang Rusak Ratusan Rumah Warga di Tegal

242

Slawi, Gatra.com - Angin kencang menerjang dua desa di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, pada Minggu (20/10) malam. Ratusan rumah dilaporkan mengalami kerusakan.

Dua desa yang terdampak yakni Desa Batumirah, dan Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa. Kedua desa tersebut berada di lereng Gunung Slamet. Terjadinya angin kencang secara tiba-tiba membuat warga di kedua desa panik dan berhamburan ke luar rumah.

Relawan Palang Merah Indonesia (PMI), Kabupaten Tegal Abdul Khalik mengatakan angin kencang mulai terjadi sekitar pukul 22.00 WIB. "Angin kencang mulai terjadi malam sampai pagi," kata Khalik, Senin (21/10).

Dari laporan awal yang ia terima terdapat ratusan rumah yang mengalami kerusakan akibat angin kencang tersebut. Dari hasil pantauan sebanyak 10 rumah mengalami kerusakan berat.

"Yang mengalami kerusakan ringan hingga sedang mencapai puluhan [rumah]. Kami masih melakukan pendataan kerusakan," ujar Khalik.

Selain merusak rumah warga, angin kencang juga menumbangkan sejumlah pohon hingga menutup ruas jalan di wilayah Kecamatan Bumijawa. Relawan di lokasi segera melakukan penyisiran terhadap pohon tersebut. "Pohon-pohon yang tumbang sedang dilakukan pembersihan," katanya.

Sejumlah petugas PMI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan kepolisian pada Senin (21/10) pagi sudah dikerahkan ke lokasi kejadian. Sejauh ini belum ada laporan pasti terkait korban dan kerugian yang timbul akibat kejadian tersebut. 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS