Home Politik Bawaslu Apresiasi Pemilu Lewat Bawaslu Award 2019

Bawaslu Apresiasi Pemilu Lewat Bawaslu Award 2019

 
Jakarta, Gatra.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyelenggarakan penghargaan "Bawaslu Award 2019" untuk mengapresiasi jajaran pengawas pemilu dan pihak yang terlibat dalam serangkaian acara Pemilu Serentak 2019. Perayaan itu diselenggarakan di Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat malam (25/10).
 
Ketua Bawaslu, Abhan mengatakan, Bawaslu Award merupakan acara rutin yang sebelumnya pernah diselenggarakan dengan tujuan yang sama.
 
"Hal ini sebagai penghargaan atas komitmen anak bangsa. Ini melanjutkan tradisi yang dibangun pendahulu kami, Bawaslu 2014," kata Abhan saat memberikan sambutannya dalam acara tersebut, Jumat (25/10).
 
Dalam acara tersebut, Bawaslu menghadirkan nominasi yang terdiri dari 14 kategori untuk pengawas pemilu. Nominasi itu dipilih berdasarkan penilaian objektif dan mendalam dari tim independen yang dibentuk Bawaslu.
 
Adapun 14 kategori itu di antaranya Kinerja Pengawasan Terbaik, Inovasi Pengawasan Terbaik, Humas dan Hubungan Antarlembaga Terbaik, Pejabat dan Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Terbaik, Inovasi Pencegahan Terbaik, dan Penanganan Pelanggaran Pidana Terbaik.
 
Selain itu, ada Gakkumdu Terbaik, Penanganan Pelanggaran Administrasi Terbaik, Mediator Terbaik, Penyelesaian Sengketa Terbaik, Penyusunan dan Pemberi Keterangan Terbaik di MK, Tata Kelola SDM Terbaik, Tata Kelola Kesekretariatan Terbaim, Pengawas Luar Negeri Terbaik.
 
Selain penghargaan terhadap pengawas, Bawaslu juga memberikan penghargaan untuk 27 lembaga yang turut membantu proses pemilu. Selain itu, Bawaslu juga mengapresiasi pemenang lomba karya jurnalistik bertema "Pengawasan Pemilu".
 
Turut hadir dalam acara tersebut, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan, Gusti Ayu Bintang Darmavati, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. Acara dimeriahkan dengan hiburan musik dan pemberian hadiah. 
210