Home Olahraga Wabup Kupang Buka Kejuaraan Renang Komodo Open Tahun 2019

Wabup Kupang Buka Kejuaraan Renang Komodo Open Tahun 2019

Kupang, Gatra.com - Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe Jumat, (25/10) membuka kegiatan Kejuaraan Renang Komodo Open se-Nusa Tenggara Timur (NTT) bertempat di Kolam Renang Yonif 743/PSY di Naibonat Kupang. Lomba ini berlangsung hingga 26 Oktober 2019 ini untuk memperingati HUT TNI, Hari sumpah pemuda dan Hari Pahlawan.

Pesertanya terdiri dari tingkat SD 57 orang, SMP 21 orang, SMA/SMK 39 orang, PTN/PTS/Umum 42 orang dan TNI/Polri 86 orang. Jenis renang yang dilombakan adalah gaya dada 50 m, gaya bebas 50 m. Sementara untuk lomba renang militer yakni renang dasar militer 50 m, renang militer 50 m.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe memberikan apresiasi dan salut kepada TNI yang kesatuannya bermarkas di wilayah Kabupaten Kupang yang dengan serius melakukan berbagai hal positif dan menarik untuk pembangunan kabupaten Kupang, khususnya di cabang olahraga.

“Terima kasih kepada seluruh Pimpinan TNI yang kantornya bermarkas di wilayah Kabupaten Kupang yang telah berupaya ikut berpartisipasi membangun khususnya pengembangan bidang olahraga khususnya cabang renang. Kepedulian TNI sangat berharga karena sangat bermanfaat membantu KONI,” kata Jerry.

Tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan TNI ini jelas Jerry Manafe sangat membantu bidang pembangunan manusia Indonesia di Kabupaten Kupang.

“Sangat bermanfaat karena membantu pemerintah daerah dalam pembinaan prestasi dan kaderisasi atlet renang secara berkesinambungan. Selain itu sebagai motivasi kepada atlet-atlet renang guna menguji kemampuan untuk meningkatkan prestasi juga sebagai wadah untuk memupuk rasa persahabatan dan persaudaraan sesama atlet,” ujar Jerry.

Untuk itu Wabup Jerry Manafe mengajak elemen masyarakat di Kabupaten Kupang untuk memanfaatkan kolam renang ini. Terutama para generasi muda yang berminat mendaftarkan diri sebagai calon siswa (casis) TNI dan Polri untuk memanfaatkan sarana ini untuk latihan.

“Sesuai data yang ada para calon anggota TNI dan Polri dari Kabupaten Kupang dalam seleksi banyak yang gagal dicabang renang.Salah satu sebabnya karena ketiadaan fasisilitas. Karena itu saya minta agar bagi yang berminat dapat memanfaatkan kolam renang ini untuk latihan,” ujar Jerry.

Dengan kolam renang sebagus ini Jerry Manafe menyarankan pengelolah dapat menyediakan sara pendukung seperti kuliner, tersedia jajanan menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

“Lokasi kolam renang akan menjadi obyek wisata baru di Kabupaten Kupang sebagai tempat ekreasi. Karena itu saya harapkan agar pengelolah dapat menyiapkan sarana pendukung seperti kuliner. Sebaiknya menyiapkan pangan lokal,” pinta Jerry.

Dalam laporan kesiapan pelaksanaan lomba renang yg dibacakan oleh Kapten Inf. Bagas Fismagatra Praja, kolam renang milik Brigade Infanteri 21/Komodo dapat dimanfaatkan secara luas untuk masyarakat khususnya bagi pengembangan minat dan bakat renang generasi muda.

“Untuk itu Brigif 21/Komodo bekerjasama dengan berbagai pihak khususnya Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Provinsi NTT agar bisa memanfaatkan kolam renang ini sebagai lokasi perlombaan region NTT,” katanya.

Hadir dalam acara pengresmian dan pembukaan lomba renang ini, Dandim 1604/Kupang, Danbrigif 21/Komodo, Danyonif 743/PSY, Danyon Raider khusus 744/SYB, Ketua PRSI Provinsi NTT, Ketua PRSI Kabupaten Kupang.

239