Home Olahraga Liga Champions AFC akan Diperluas jadi 40 Tim di Musim 2021

Liga Champions AFC akan Diperluas jadi 40 Tim di Musim 2021

Vietnam, Gatra.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah mengumumkan bahwa Liga Champions AFC (ACL) akan diperluas untuk mengakomodasi 40 klub dari seluruh Asia mulai musim 2021 mendatang. 

Seperti dilansir Foxsports, Minggu (27/10), saat ini, kompetisi sepakbola antarklub utama se-Asia ini hanya memberikan slot sebanyak 32 tim. Dari jumlah tersebut, masing-masing terdiri dari delapan kelompok yang terdiri dari empat tim. 

Dari delapan grup, empat klub terdiri dari Zona Barat (Grup A hingga D). Sementara empat grup lainnya menampilkan tim dari Zona Timur (Grup E hingga H).

Dengan keputusan AFC untuk menambah 8 slot ini, artinya musim 2020 mendatang akan menjadi edisi terakhir Liga Champions AFC yang menampilkan 32 tim.

"Dari musim 2021, ACL akan diperluas ke 40 klub dengan tambahan empat kelompok yang ditambahkan di Zona Timur dan Barat dan semakin menumbuhkan reputasi salah satu kompetisi klub benua terkaya di dunia," ujar AFC.

Keputusan itu diambil dalam pertemuan Komite Eksekutif AFC kedua dari periode 2019-2023 yang diketuai oleh wakil presiden AFC dan anggota Dewan FIFA, Saoud Al Mohannadi di Da Nang, Vietnam.

"Perluasan ini akan berlangsung tanpa perubahan pada slot yang ada untuk enam Asosiasi Anggota teratas," kata badan pengatur sepak bola Asia itu.

AFC juga telah memutuskan untuk memperluas Piala Asia Wanita AFC yang memperluasnya dari delapan negara pada 2018 lalu, menjadi turnamen 12 negara dalam edisi berikutnya yang dijadwalkan pada tahun 2022.

 "Saat ini, AFC memiliki proposal dari Cina Taipei, India, dan Uzbekistan untuk menjadi tuan rumah turnamen dan dengan tambahan empat tim, akan ada peluang lebih lanjut untuk lebih banyak pemain, tim, dan Asosiasi Anggota," ujar AFC.

1201

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR