Home Politik Catat! Berikut Info Penting CPNS 2019

Catat! Berikut Info Penting CPNS 2019

Jakarta, Gatra.com - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan segera dimulai. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mengimbau calon peserta untuk memahami info yang dipublikasikan terkait pelaksanaan tes CPNS 2019.

 

"Untuk semua calon peserta, tolong baca dan pahami pengumuman yang ada sebelum mendaftar. Karena ini juga seleksi alam. Bagi yang tidak membaca pengumuman tentu tidak akan lolos," ujar Bima di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Jakarta, Rabu (30/10).

 

Proses pendaftaran tes CPNS 2019 akan dimulai pada 11 November mendatang. Untuk waktu pendaftaran dibuka selama 14 hari yakni dari 11-24 November. Sementara untuk pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 16 Desember. 

Baca Juga: Ini Kuota CPNS Kabupaten Maluku Tengah 2019

 

Bima menyampaikan, bagi peserta yang tidak lolos seleksi administrasi terdapat masa sanggahan. Peserta dapat mengajukan penyanggahan terkait tidak lolosnya mereka dalam kurun waktu 3 hari yakni pada 16-19 Desember. Baru pada 26 Desember akan diumumkan apakah sanggahan tersebut diterima atau tidak. 

 

"Tahun ini kami meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Jadi bagi yang tidak lulus seleksi administrasi mereka masih bisa mengajukan dan bertanya kenapa mereka tidak lolos," jelas Bima. 

 

Untuk pendaftaran, Bima menjelaskan calon peserta harus memastikan terlebih dahulu NIK pada KTP calon peserta valid berdasarkan data Disdukcapil. Sebab KTP tersebut akan digunakan untuk membuat akun pendaftaran. Tes CPNS 2019 ini juga memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran dengan hanya perlu mengunggah hasil scan KTP, pas foto, ijazah, dan transkrip nilai. 

Baca Juga: Pelaksanaan CPNS Tebo Menunggu Petunjuk KemenPAN RB

 

Lebih lanjut, Bima juga mengimbau calon peserta untuk teliti saat mendaftar sebab hanya bisa dilakukan satu kali. Apabila calon peserta salah mengisi instansi yang dituju, maka tidak ada pengulangan. 

 

"Kami ingin memberikan kemudahan dalam mendaftar, jadi dokumen lainnya seperti SKCK itu bisa belakangan. Tapi calon peserta harus benar-benar teliti, karena cuma bisa daftar sekali. Kalau salah pilih atau salah input ya sudah, sistem kita tidak memberikan pengulangan," jelas Bima. 

 

Untuk tes kemampuan dasar, menurut timeline akan berlangsung pada awal Februari. Namun bila ada instansi yang sudah siap, pertengahan Januari nanti tes bisa dimulai. Kemudian untuk seleksi kompetensi bidang direncanakan pada April. Hal ini agar proses penerimaan CPNS 2019 bisa selesai di April untuk mempersiapkan seandainya akan ada seleksi CPNS 2020.

 

121