Home Politik Penerima PKH Kaya Kerabat Kades, Dinsos Minta Warga Laporkan

Penerima PKH Kaya Kerabat Kades, Dinsos Minta Warga Laporkan

Kerinci, Gatra.com – Dinas Sosial Kabupaten Kerinci, meminta partisipasi masyarakat untuk melapor jika menemukan adanya penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang salah sasaran. Hal ini menanggapi banyaknya informasi penerima PKH di Kabupaten Kerinci, yang tidak layak mendapatkan program untuk keluarga miskin tersebut. “Jika menemukan ada yang tidak sesuai, silakan kirimkan data ke dinas agar bisa ditindaklanjuti,” kata Kabid Sosial Dinsos Kerinci, Junaidi.

Menurut Junaidi, sebenarnya yang terjadi bukan salah sasaran. Namun kemungkinan penerima saat ini sudah tidak tepat lagi disebut sebagai keluarga miskin. “Memang ada diantara penerima PKH di Kerinci yang tidak miskin lagi. Jika ada datanya, status PKH nya bisa dicabut,” ucap Junaidi.

Penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Kerinci diduga bermasalah dan tidak tepat sasaran. Bahkan informasinya, ada penerima bantuan untuk keluarga kurang mampu tersebut, memiliki mobil dan sepeda motor mahal.

“Ya, di desa saya ada penerima PKH yang punya mobil Avanza dan sepeda motor Nmax. Mereka orang kaya tapi menerima bantuan untuk orang miskin,” kata seorang sumber kepada Gatra.com, Rabu (6/11).

Menurutnya, warga yang mendapatkan bantuan tersebut merupakan keluarga kepala desa, sehingga bisa menjadi penerima manfaat bantuan tersebut. “Kita tidak iri mereka dapat bantuan, hanya saja sedih melihat banyak warga miskin yang terlupakan. Masih banyak warga lain yang lebih layak,” ucapnya.

Ini terjadi karena peran pendamping sebagai ujung tombak di lapangan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Mereka hanya menerima data dari kepala desa saja. “Kalau di daerah lain sudah ada tindakan, malah sampai ada yang dipidana akibat menerima PKH tidak sesuai ketentuan. Kita berharap di Kerinci juga demikian,” katanya.

1487