Home Teknologi Mahasiswa UMP Menangkan Roboline Contest 2019

Mahasiswa UMP Menangkan Roboline Contest 2019

Purwokerto, Gatra.com – Mahasiswa jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Dio Yudha Satria menorehkan prestasi gemilang di "Roboline Contest 2019", sebuah kontes robot nasional.

Ia memenangi Kontes Robot Line Follower Microcontroller. Robot Eleanor 45 UMP karya Dio mengantarkan Dio menjadi juara mengungguli puluhan peserta lainnya.

“Selama masuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Robot Eleanor 45 UMP ini sudah sering menang. Selain di Roboline Contest ada line follower competition metalical 2019 se-Jateng DIY. [Acara ini] diselenggarakan HMTE Untidar kategori robot Line follower Microcontroller dan meraih juara satu,” katanya, Kamis.

Dalam kontes yang digelar di Gedung C7 Universitas Negeri Semarang, pada pada 2-3 November 2019 itu, untuk kesekian kalinya Eleanor 45 UMP tampil memukau. Setelah menaklukan 20 robot dari berbagai perguruan tinggi, Eleanor 45 UMP mampu menyandang juara pertama.

Pada babak final, Eleanor 45 UMP melawan Mega Wislow dari Universitas Negeri Semarang. Pertandingan pamungkas itu berlangsung panas. Namun, dengan strategi yang baik Eleanor 45 UMP dapat mengalahkan Mega Wislow Unnes dengan waktu akhir 0.16.52 untuk Eleanor 45 UMP dan 0.17.21 untuk Mega Wislow dari Universitas Negeri Semarang.

Menurutnya, keberhasilan ini tak luput dari usaha ELEANOR 45 UMP, bimbingan dari berbagai dosen pembimbing, dan doa dari berbagai pihak.

“Alhamdulillah ELEANOR 45 UMP sangat senang dan bersyukur dapat menjuarai Kontes Robot Line Follower Microcontroller tingkat Nasional dalam acara Roboline Contest 2019," ujarnya.

Dekan Fakultas Teknik dan Sains UMP Muhamad Taufiq Tamam MT menambahkan, ada dua event yang diikuti, di Universitas Tidar Magelang dan Unnes. Menurutnya, sudah saatnya UMP menunjukkan, Program Studi TS sarat prestasi dan bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.

“Alhamdulillah juara 1. Selamat. Ini menunjukan bahwa Fakultas Teknik dan Sains UMP benar-benar berkualitas,” kata Taufik.

228