Home Politik Padang Siap Jadi Tuan Rumah Silaknas ICMI 2019

Padang Siap Jadi Tuan Rumah Silaknas ICMI 2019

Padang, Gatra.com - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah Sumatera Barat (Sumbar), akan melaksanakan Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas), sekaligus Milad ICMI ke-29. 

Kegiatan itu, akan dilaksanakan di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), sebagai tuan rumah pada 6-8 Desember 2019 mendatang.

Ketua Pelaksana Silaknas ICMI 2019, Ganefri yang juga Rektor UNP  menyebut pelaksanaan Silaknas ICMI tahun 2019 ini ditujukan untuk meningkatkan kekuatan organisasi ICMI, membangun penguatan, dan konsolidasi kelembagaan program kerja.

“Dalam Silaknas ICMI nanti juga mengevaluasi berbagai kebijakan reformasi yang telah berlangsung selama 20 tahun terakhir. Mulai dari politik, ekonomi, hukum, dan sosial-budaya. Termasuk menyusun materi yang sistimatis dan komprehensif sebagai bahan program integratif dalam jaringan ICMI ke depannya,” katanya di Padang, Jumat (8/11).

Ganefri menyebut adanya permasalahan internal masyarakat, utamanya umat Islam yang berada dalam kondisi yang memprihatinkan. 

“Jadi kita harus meningkatkan peranan ICMI dalam pengembangan ekonomi syariah ke depan,” kata Ganefri.

Ia menjelaskan, secara internal ICMI memiliki kekuatan berupa orientasi pada nilai-nilai kemanusiaan dan peradaban yang luhur. Anggotanya juga terdiri dari berbagai disiplin ilmu dan profesi, di berbagai organisasi kemasyarakatan, keagamaan Islam, organisasi politik, serta keberadaan ICMI di lintas wilayah, ruang, dan waktu.

Ganefri mengakui,berbagai persoalan bangsa saat ini diantaranya rendahnya tingkat pendapatan, penerimaan pajak, investasi, produktivitas modal dan tenaga kerja. 

“Rentannya stabilitas moneter dan neraca perdagangan, penegakan hukum, pengangguran, kemiskinan, penyelundupan, ketergantungan kepada hutang luar negeri, kerusakan sumber daya alam, pencemaran lingkungan hidup,” katanya.
 

366

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR