Home Milenial Pendaftaran CPNS Pemprov Jateng Mulai Dibuka Pukul 23.00

Pendaftaran CPNS Pemprov Jateng Mulai Dibuka Pukul 23.00

Semarang, Gatra.com-Pendaftaran lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah 2019 dibuka, mulai pukul 23.00 WIB, Senin malam ini(11/11).

Masyarakat yang ingin mendaftar secara online melalui website sscasn.bkd.go.id, jatengprov.go.id, dan bkd.jatengprov.go.id.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah, Wisnu Zaroh, batas waktu pendaftaran lowongan CPNS ditutup hingga 24 November 2019 mendatang.

“Para pelamar agar mempersiapkan dokumen-dokumen dengan benar. Proses pendaftaran CPNS 2019 dilakukan secara online dan tidak dipungut biaya,” katanya di sela dialog tentang CPNS yang digelar Radio JFM di Semarang, Senin (11/11).

Formasi lowongan CPNS Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) sebanyak 1.409 lowongan, dengan perincian 51 tenaga guru, 316 tenaga kesehatan, dan 542 tenaga teknis.

Selain lowongan umum, terdapat pula formasi khusus untuk penyandang disabilitas sebanyak 28 lowongan dan peraih predikat cumlaude sebanyak 30 lowongan.

Wisnu, menyatakan para pelamar supaya dapat mencermati dan memahami segala ketentuan persyaratan pendaftaran.

“Bila mengalami kesulitan dapat mengakses informasi melalui Fraquently Asked Question (FAQ) pada sscasn atau menghubungi help desk pengadaan CPNS Pemprov Jateng yang tercantum pada pengumumam,” ujarnya.

Menurut Wisnu, ada dua tes seleksi CPNS yang harus dijalani para pelamar yakni tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB).

TKD dibagi menjadi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

“Bila lolos TKD nantinya dilanjutkan dengan tes kompetensi bidang (TKB) yang akan digelar pada Maret mendatang,” ucap Wisnu.

Ketua Komisi A DPRD Jateng, M. Soleh, dalam kesempatan sama menyatakan, BKD Jateng supaya mengadakan simulasi atau try out pelaksanaan tes CPNS 2019 yang menggunakan metode CAT Computer Assisted Test (CAT).

Simulasi ini, lanjut politisi dari Partai Golkar perlu dilakukan karena tidak semua peserta tes bisa menggunakan komputer, terutama tenaga honorer yang telah berusia lanjut.

“Kami mendukung pelaksanaan CPNS 2019 agar berjalan dengan baik. Para peserta yang belum punya e-KTP supaya mengecek surat keterangan pengganti e-KTP,” ujar Soleh.

200

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR