Home Politik Passing Grade Turun, Kualitas Soal Tes CPNS 2019 Lebih Baik

Passing Grade Turun, Kualitas Soal Tes CPNS 2019 Lebih Baik

Jakarta, Gatra.com- Passing grade seleksi CPNS 2019 diturunkan apabila dibandingkan tahun lalu. Meski begitu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menuturkan, penurunan ini tidak akan berdampak pada kualitas aparatur sipil negara (ASN). Namun, kondisi ini disebut lebih baik dari sebelumnya. 

"Kualitas soal lebih baik. Setelah uji coba soal tersebut di berbagai daerah, inilah nilai yang paling terbaik," ujar Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kemenpan RB, Setiawan Wangsaatmaja, di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (12/11).

Setiawan menambahkan, penurunan passing grade itu juga ditentukan oleh soal yang diujikan. Terlebih soal yang diujikan setiap tahun berbeda. "Kan setiap tahun soal berbeda, jadi dari tahun 2017, 2018, 2019 ini, soal tes CPNS berbeda," ujarnya.

Ia mengatakan, telah mengetes soal tersebut untuk menemukan besaran passing grade yang realistis. "Lalu kami pun melihat, kami ujikan terhadap soal tersebut ini, soal penghitungan dari rata-rata yang realistisnya seperti passing grade 2019," imbuhnya.

Sebelumnya, Menpan-RB, Tjahjo Kumolo telah menetapkan passing grade atau ambang batas kelulusan tes CPNS jalur umum 2019 melalui Peraturan Menteri PANRB Nomor 24 Tahun 2019 mengenai Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019. 

Passing grade CPNS jalur umum dibagi dalam tiga kategori yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Pada tes CPNS tahun 2019 ini passing grade untuk TKP menjadi 126, TIU 80 dan TWK 65. Sedangkan pada tahun 2018 nilai kelulusan untuk TKP sebesar 143, TIU 80 dan TWK 75. 

295