Home Kebencanaan Dilalap Jago Merah Empat Toko Ludes, Kerugian Rp3 Miliar

Dilalap Jago Merah Empat Toko Ludes, Kerugian Rp3 Miliar

Padang, Gatra.com - Kebakaran di Jalur Dua Bypass Kilometer 8, Kayu Gadang, Kelurahan Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Selasa (12/11), setidaknya menghanguskan empat petak Toko Setia Budi di kawasan itu.

Kendati kebakaran itu tidak ada korban jiwa, namun kerugian yang ditimbulkan mencapai miliaran rupiah. Apalagi, toko tersebut bergerak dibidang furniture yang harganya cukup mahal, dan juga toko yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok.

"Kerugian diprediksi mencapai sekitar Rp3 miliar. Penyebab api pasti kebakaran masih kami selidiki. Tapi, berdasarkan informasi di lapangan diduga akibat arus pendek atau korsleting listrik," ujar Polsek Kuranji, Armijon, Selasa (12/11) di Padang.

Ia menyampaikan, bahwa hingga saat ini masih menyelidiki penyebab kebakaran ini terjadi sekitar pukul 05.48 WIB itu. Salah satunya dengan memasang garis polisi agar lokasi kebakaran steril untuk tahap penyelidikan, dan mengumpulkan keterangan sejumlah saksi.

Lebih lanjut Armijon menjelaskan, awalnya kebakaran diketahui seorang warga melihat kobaran api membesar dari belakang bangunan. Kemudian, masyarakat setempat angsung menghubungi pihak dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kota Padang. Api akhirnya bisa dijinakkan sekitar satu jam.

Sebelumnya, Kepala Bidang Operasi (Kabid Ops) Damkar Padang, Basril mengungkapkan, dalam upaya memadamkan api, pihaknya masih menemukan percikan api. Kendati begitu, petugas terus berjibaku untuk memadamkan api tanpa kendala yang berarti.

"Api berhasil kita padamkan selama satu jam. Tidak ada kendala berarti, cuma ada percikan api dari arus listrik. Tapi petugas kita berhasil mengatasinya," kata Basril kepada awak media di Padang.

174