Home Milenial Film Pelajar Maumere Jadi Nomine Asian Academy Creative 2019

Film Pelajar Maumere Jadi Nomine Asian Academy Creative 2019

Jakarta, Gatra.com - Film pendek karya asli pelajar Maumere berhasil memenangkan kategori Best Short Form Content di Asian Academy Creative Awards (AAA) 2019. Film berjudul "Miu Mai" secara resmi merupakan konten dari aplikasi streaming Viu.

Sutradara film "Miu Mai" Eka Putra Nggalu mengatakan bahwa film ini digarap oleh tim produksi yang hampir semuanya merupakan siswa sekolah menengah atas di Maumere. "Idenya tentang tradisi Tung Piong, yang merupakan sebuah tradisi untuk menghormati nenek moyang, yang masih dianut sampai sekarang di masyarakat adat suku Krowe, di Kabupaten Sikka, Maumere, NTT," kata Eka saat ditemui Gatra.com (13/11).

Cerita bermula tentang sepasang suami-istri yang pulang ke kampung halaman mereka, lalu keduanya lupa untuk memberi penghormatan kepada leluhur mereka. Alhasil, kejadian-kejadian aneh mulai terjadi.

Kendati demikian, Eka mengatakan bahwa film ini bukan bergenre horor namun lebih menonjolkan sisi realisme magis. Karena, sambung Eka, film ini hanya mengangkat hubungan antara leluhur yang sudah tiada dengan mereka yang masih hidup.

Sebagai informasi, film "Miu Mai" juga merupakan hasil dari Workshop Viu Shorts! yang diselenggarakan di Maumere oleh Viu Indonesia. Workshop yang diikuti para pelajar sekolah tersebut merupakan wadah agar para pelajar bisa memahami kerja-kerja di ranah industri kreatif.

2149