Home Gaya Hidup DKJ Gelar Pameran 'Sontoloyo'

DKJ Gelar Pameran 'Sontoloyo'

Jakarta, Gatra.com - Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) menggelar pameran bertajuk "Sontoloyo: Pameran Sepilihan Koleksi DKJ & Sketsa Urban" di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat dari mulai 15 hingga 29 November 2019 mendatang. 

Pada acara pembukaan, Plt. Ketua DKJ Danton Sihombing mengatakan, pemilihan tema "Sontoloyo" tidak terlepas dari fenomena sejarah. Kata "Sontoloyo" merupakan ungkapan yang pertama kali dicetuskan oleh Presiden RI pertama, Soekarno. 
 
Lebih lanjut Danton bercerita, kata tersebut digunakan Gubernur DKI Jakarta pada pagelaran pameran di tahun 1975. Gubernur murka saat melihat lukisan karya Srihadi Soedarsono yang bertajuk "Air Mancar". 
 
"Srihadi melukiskan air mancar di Bundaran HI dengan [beberapa] gedung di sekitarnya yang dijejali papan reklame produk Jepang. Lalu, Ali Sadikin mencorat-coret lukisan tersebut, dan membubuhinya dengan kalimat 'Sontoloyo!!! Apa ini reklame barang2 Jepang??'," ujar Danton. 
 
Oleh karena itu, kata Danton, pameran ini berusaha memperkenalkan kepada para pengunjung mengenai makna dari seniman masa lampau. Namun, di satu sisi, beberapa karya tersebut mesti dibaca dari pandangan masa kini. 
 
"Karya yang dihimpun merupakan relasi tegang antara seniman dan kotanya," kata Danton. 
 
Pada kesempatan kali ini juga dipamerkan kembali 15 lukisan koleksi DKJ yang dianggap masih memiliki roh dan mampu mengikuti perkembangan seni rupa di dalam konteks maupun ruang dan waktu yang berbeda. Selain itu, mengundang 20 pensketsa urban untuk merespons empat karya sketsa dan satu lukisan koleksi DKJ yakni sketsa Nashar, Zaini, Oesman Effendi, Muryoto Hartoyo, yang semuanya menggambarkan suasana urban di Jakarta era 60-an.
276