Home Milenial Kemendikbud Beri Penghargaan Bunda PAUD 2019

Kemendikbud Beri Penghargaan Bunda PAUD 2019

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengapresiasi enam istri gubernur dan 23 istri bupati atau Istri wali kota yang dinilai berprestasi, berkontribusi, dan sukses menjalankan tugasnya menjadi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di daerahnya. Penghargaan tersebut akan diberikan oleh Istri Wakil Presiden Indonesia, Ibu Wuri Estu Handayani Ma'ruf Amien.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Harris Iskandar, Ph.D menuturkan, apresiasi kepada Bunda PAUD ini dilakukan karena pemerintah menilai pentingnya peran Bunda PAUD untuk menggerakan elemen masyarakat dan sumber daya yang ada di wilayahnya. Menurutnya, kegiatan sosial ini lebih harus ditingkatkan. 

"Bunda PAUD merupakan sebuah profesi sukarela, yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang, sehingga menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen dalam masyarakat. Untuk itu, Bunda PAUD diharapkan dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD berkualitas," ujar Dirjen PAUD dan Dikmas tersebut di Balai Kartini, Jakarta, Senin (18/11).

Selain memberikan penghargaan, Kemendikbud juga sekaligus meluncurkan program "Penguatan Pendidikan Karakter PAUD". Hal tersebut sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo dalam menguatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter. 

Harris memaparkan, pembangunan karakter merupakan kebijakan prioritas pemerintah dalam agenda Nawacita dan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

"Kebijakan tersebut mendorong setiap satuan PAUD untuk mampu mengembangkan jejaring tripusat pendidikan dengan membumikan Pancasila melalui pembiasaan nilai utama PPK yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas. Selain itu, pengembangan nilai-nilai berdasarkan visi-misi, kearifan lokal dan kreativitas satuan PAUD masing-masing," ucap Harris

268