Home Olahraga Taekwondo DKI Geser Juara Umum Jabar di POPNAS XV 2019

Taekwondo DKI Geser Juara Umum Jabar di POPNAS XV 2019

Jawa Barat, Gatra.com - Taekwondo DKI Jakarta berhasil mendapatkan juara umum di ajang multievent pelajar tingkat nasional "POPNAS XV 2019". Perolehan ini menggeser gelar juara umum yang selalu didominasi Taekwondo Jawa Barat selama lima tahun terakhir.

Taekwondo DKI Jakarta mengantongi tujuh medali emas, tiga medali perak, dan tiga medali perunggu. Peraihan ini melampaui target yang diberikan KONI DKI Jakarta yaitu empat medali emas.

"Capaian hasil POPNAS ini merupakan pintu masuk bagi Pengprov Taekwondo DKI Jakarta untuk optimis ke depan mengenai arah dan strategi pembinaan prestasi Taekwondo DKI Jakarta dalam menghadapi event-event selanjutnya," kata Djunaedi Tanjung, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Taekwondo Indonesia DKI Jakarta dalam keterangan tertulis, Jumat (22/11).

Atlet yang berhasil meraih medali emas adalah Sabiq Taqy (U-68), Alif Putra (Over-78), Bandri (U-63), Feltta (U-42), Raffaya (U-55), Miftah (U-63), dan Haifa (U-68). Kemudian, medali perak diraih oleh Deany Lubay (U-44), Indira Tyas (U-52), dan Dhamytha (U-46). Sedangkan medali perunggu didapatkan oleh Tamara (U-49), Trywahyudi (U-51), dan Dhimas (U-51).

Lebih lanjut Djunaedi mengatakan, atlet yang turun dalam ajang ini merupakan atlet junior dari PPOP yang dipersiapkan sebagai lapis kedua atlet Pelatda DKI. Taekwondo DKI Jakarta memiliki tiga program pembinaan atlet yaitu PPOP untuk pelajar, PPLM untuk mahasiswa, dan Pelatda.

"Begitu lulus SMA, mereka akan menggantikan atlet senior sesuai hasil program promosi dan degradasi atlet Pelatda DKI. Sebenarnya kualitas atlet PPOP dan PPLM tidak jauh berbeda, tinggal program dan strategi pengembangannya saja yang perlu diperlakukan lebih terarah sehingga gap atlet junior dan senior tidak terlalu jauh," ujar Djunaedi.

"POPNAS XV 2019" mempertandingkan 13 cabor yang diselenggarakan di berbagai daerah, di antaranya Jakarta, Bogor, Karawang, dan Bandung. Cabor Taekwondo sendiri dilaksanakan di Pendulum IPC Residence and Convention, Gadog, Ciawi, Bogor, Jawa Barat pada 18-20 November 2019.

Reporter: IMS

1305