Home Politik Lukmanul Hakim, Stafsus Wapres yang Geluti Bidang Halal

Lukmanul Hakim, Stafsus Wapres yang Geluti Bidang Halal

Jakarta, Gatra.com - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin resmi menunjuk delapan Staf Khusus Wapres yang akan menangani berbagai bidang yang berbeda.

Dari delapan nama, salah satu sosok yang ditunjuk adalah Lukmanul Hakim. Pria yang lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 31 Juli 1969 ini, sebelumnya dikenal sebagai pakar Sertifikasi Halal. Lukman kini diangkat sebagai Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Sosok Lukman dikenal sebagai pengagas dari terbitnya buku-buku standar Sistem Jaminan Halal (HAS 23000) yang sekarang telah dijadikan standar bagi perusahaan bersertifikat halal. Juga sebagai referensi bagi Lembaga Sertifikasi Halal luar negeri.

Sebelumnya, Lukman mengenyam pendidikan S1 dan S2 di jurusan Teknik Pangan, Institut Pertanian Bogor (IPB). Lukman melanjutkan pendidikannya dan dianugerahi gelar PhD oleh Universitas Islam Eropa, Rotterdam, pada 2015 dengan penelitian makalah berjudul "Islam dan Ilmiah pada Istihalah".

Lukman pernah meniabat sebagai ketua Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) pada 2011 silam. Dirinya juga pernah menjabat sebagai ketua Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), juga sebagai Presiden World Halal Council (WHC) periode 2009-2011. Dia juga merupakan Presiden World Halal Food Council (WHFC) sejak 2011 sampai sekarang. Organisasi yang bertujuan untuk membuat standar halal dalam menyembelih, pengolahan makanan, dan kategori industri rasa dalam global.

Dilansir situs resmi Dikti, sosok Lukmanul juga aktif sebagai dosen pengajar pada bidang ilmu Teknologi Pangan Universitas Djuanda sejak 1995. Berdasarkan inisiatifnya, Universitas Djuanda memiliki Fakultas Ilmu Makanan Halal.
 

2329