Home Gaya Hidup Pemprov Jateng Luncurkan Calendar Ivent 2020

Pemprov Jateng Luncurkan Calendar Ivent 2020

Semarang, Gatra.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah luncurkan Calendar of Events 2020. Hal itu sebagai momentum untuk promosi event tahun 2020 dan menjadi semangat untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas event di Jawa Tengah.

Kepala Dinas Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinung N Rachmadi mengatakan, lebih dari 250 event akan diselengarakan di Jawa Tengah pada tahun 2020.

"Masing-masing event memiliki keunikan dan merupakan bagian dari budaya dan kearifan lokal masyarakat setempat," katanya usai memberikan sambutan pada acara Launching Jawa Tengah Calendar of Events 2020, di MG Setos Semarang, Rabu (27/11).

Menurutnya, kekuatan budaya di Jawa Tengah menjadi destinasi yang tidak ditemui di daerah lain.

Dari 250 event, Pemprov Jateng telah mempersiapkan Top 10 events Jawa Tengah, yaitu Dieng Culture Festival (DCF), Festival Cheng Ho, Festival Kota Lama, Festival Payung Indonesia, Solo International Performing Arts (SIPA), Borobudur Marathon, Borobudur International Festival (BIF), Festival Jamu dan Kuliner, Solo Batik Carnival (SBC), dan Festival Sindoro Sumbing.

Kemudian Enam dari Top 10 Events Jawa Tengah tersebut berhasil masuk dalam Top 100 National Calendar of Events 2020 Kementrian Pariwisata. Antara lain Dieng Culture Festival (DCF), Festival Cheng Ho, Festival Kota Lama, Festival Payung Indonesia, Solo International Performing Arts (SIPA), dan Borobudur Marathon.

"Event event tersebut telah memenuhi beberapa kriteria, antara lain memiliki unsur 3C, Creative atau Cultural Value, Commercial atau Communication media Value, dan CEO Commitment atau Consistency," ujarnya.

Selain itu, ivent berskala Internasional itu telah diselenggarakan secara rutin selama 3-4 tahun berturut-turut. Sehingga mempunyai target dan realisasi kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara serta telah memiliki digital address.

Lebih lanjut, terkait Borobudur sebagai destinasi super prioritas, Pemprov Jateng telah mempersiapkan penyelenggaraan beberapa event berskala internasional.

"Nanti ada Festival Suling Internasional sekitar April 2020. Ruwat Rawat Borobudur, Borobudur Writers and Culture Festival, Tour De Borobudur, dan Borobudur Cartoon," ucapnya.

366