Home Milenial KNIU Kemendikbud Umumkan 8 Anak Pemenang Enikki 2019

KNIU Kemendikbud Umumkan 8 Anak Pemenang Enikki 2019

Jakarta, Gatra.com- Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan hasil dari pengamatan dan penilaian terhadap 421 set lukisan dan karya anak berusia 6 sampai 12 tahun. Hal ini dalam rangka sayembara Lomba Lukis-Tulis Buku Harian Bergambar (BHB-Enikki) Tahun 2019-2020.

Sayembara Enikki tersebut mengusung tema "Ini adalah Kehidupanku" dimana para peserta anak usia 6-12 tahun menunjukan kehidupan kesehariannya melalui medium Buku Harian Bergambar. Hal tersebut dikatakan Ketua Harian KNIU Kemendikbud, Prof. Arief Rachman. 

"Anak-anak dapat memilih gambar yang menceritakan keluarga, teman, sekolah, festival, adat istiadat, kota, kehidupan masyarakat, kejadian alam, iklim, permainan yang disuaki, dan lain-lain. Karya lukis-tulis juga menceritakan kehidupan yang menyenangkan dan dapat dimengerti oleh anak-anak lainnya," ucap Arief saat ditemui di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (28/11).

Menurutnya, kriteria karya seni harus original atau buatan sendiri dan belum pernah dipublikasikan. Penilaian didasarkan kepada bagaimana karya seni itu menunjukan pandangan dan kepekaan anak secara murni serta unik yang menggambarkan bagaimana kehidpuan sehari-hari.

"Nantinya akan dipilih delapan BHB terbaik yang akan dikirim ke Jepang. BHB diseleksi oleh panitia pelaksana di jepang bersama BHB dari negara dan wilayah lainnya. Hasil karya tersebut akan di pamerkan di Tokyo bersama hasil karya terpilih dari berbagai negara lainnya," ucap Arief.

Dari hasil penjurian, telah diumumkan delapan nama yang menjadi pemenang terbaik. Nama tersebut yaitu :
1. Fatih Qatrunnada (School of Life Lebah Putih, Salatiga, Jawa Tengah)
2. Michelle Fiona (SDK 10 Penabur, Jakarta)
3. Christabella Winna Gozali (SD Kalam Kudus, Padang, Sumatra Barat)
4. Putu Lingga Adi Wahyu (SDN 2 Batuan, Gianyar, Bali)
5. Syaza Ghaisani Allegra (SD 2 Yayasan Pupuk Kaltim, Bontang, Kalimamntan Timur)
6. Azlia Chalula Rheisa Cahyani (SDN 03 Klegen, Madiun, Jawa Timur)
7. Seilla Kalyana Aziz (Al-Fikri, Bekasi, Jawa Barat)
8. Kenzie Lorenzo (Sanggar Ananda, Bandung, Jawa Barat).

779