Home Ekonomi Petani di Desa Gembong Terapkan Minapadi

Petani di Desa Gembong Terapkan Minapadi

Purbalingga, Gatra.com - Petani di Desa Gembong, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah membudidayakan teknik pertanian minapadi. Minapadi adalah bentuk usaha tani yang menggabungkan pertanian padi dengan budidaya ikan.

Ketua Kelompok Tani Sri Rahayu Desa Gembong, Udoyoko mengatakan petani memanfaatkan genangan sawah untuk memelihara ikan nila. Dari teknik ini, petani mendapat dua keuntungnan sekaligus, yakni panen padi dan ikan.

"Agustus mulai digarap, September tebar benih ikan. Jadi panen ikan sekarang baru dua bulan umur ikannya tapi hasilnya sudah bagus," katanya.

Menurut dia, budidaya ikan dengan sistem minapadi sangat menguntungkan terutama bagi para petani. Pendapatan petani bertambah dengan pemanfaatan genangan ini.

Bahkan, dia mengklaim produktivitas tanaman padi justru meningkat meski luasannya berkurang. Sebab, padi relatif lebih sehat oleh keberadaan ikan yang memangsa hama padi.

"Kebetulan dari hasil panen itu justru meningkat walaupun lahannya dikurangi untuk budidaya ikan tapi hasilnya justru lebih bagus," ujarnya.

Pada tahun 2019 ini lahan persawahan yang sudah menggunakan sistem minapadi seluas 10 hektar dan nantinya akan ditambah tujuh hektare pada musim tanam kali ini. Dengan demikian total area persawahan yang menggunakan sistem minapadi di Desa Gembong mencapai 17 hektar .

“Sri Rahayu sendiri mengelola 25 hektare sawah, namun yang baru menggunakan sistem minapadi baru 17 hektar," ucapnya.

Udoyoko menuturkan awalnya para petani di Desa Gembong ragu untuk menggunakan sistem mina padi di sawahnya. Namun, setelah beberapa bulan melihat hasil dari sistem tersebut banyak petani yang lebih bersemangat membudidayakan ikan dengan sistem minapadi.

"Kalau dampak perekonomian sendiri jelas meningkat, ini kan baru awal jadi secara bertahap insya allah akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat Desa Gembong," terangnya.

Dia menambahkan, keberhasilan penerapan sistem minapadi di Desa Gembong tak lepas dari suplai air sepanjang tahun. Ketersediaan air berlimpah ini sangat cocok untuk budidaya ikan dengan sistem minapadi.

386