Home Hukum Polda Metro Jaya Targetkan 57 Kamera Tilang di Jakarta 2019

Polda Metro Jaya Targetkan 57 Kamera Tilang di Jakarta 2019

Jakarta, Gatra.com – Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, saat ini sebanyak 12 kamera electronic traffic law enforcement (e-TLE) telah terpasang di sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin.

Pihaknya akan menambah jumlah tersebut menjadi 45 kamera e-TLE pada tahun ini. Dengan begitu, jumlah kamera e-TLE tahun ini direncanakan total 57 kamera. "Polisi juga akan menambah 48 kamera e-TLE pada tahun 2020. Kamera e-TLE itu akan terpasang di seluruh wilayah DKI Jakarta," ujarnya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/11).

Gatot mengaku telah mengoordinasikan kepada Dirlantas Polda Metro Jaya dan Kadishub DKI Jakarta untuk penambahan dan pemasangan kamera e-TLE tersebut. Selain itu, Ditlantas Polda Metro Jaya juga memasang dua kamera e-TLE di jalur transjakarta untuk meminimalisir kendaraan bermotor yang nekat masuk jalur transjakarta. "Sekarang masih ada dua titik (pemasangan kamera e-TLE di jalur transjakarta), nanti akan ditambah 12 titik. e-TLE juga dikembangkan di jalan-jalan tol, sekarang masih ada 2 titik," ujar Gatot.

Berdasarkan catatan Ditlantas Polda Metro Jaya, sejak 1 November 2018 hingga November 2019, tercatat 54.074 pelanggar telah tertangkap kameta ETLE. Sebanyak 25.459 pelanggar telah melakukan konfirmasi dan pembayaran serta 28.615 pelanggar yang diblokir kendaraannya. Tilang elektronik ini dianggap mampu menurunkan jumlah pelanggar lalu lintas hingga 27 persen.

58