Home Teknologi BPOM Dorong Hilirisasi Riset Obat dan Pangan

BPOM Dorong Hilirisasi Riset Obat dan Pangan

Jakarta, Gatra.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyelenggarakan dialog nasional bertajuk Sinergitas Dalam Hilirisasi Riset Obat, Obat Tradisional, dan Pangan Untuk Percepatan Perizinan". Kegiatan ini dihadiri para peneliti dari akademisi dan institusi penelitian, serta pelaku usaha industri baik makanan, kosmetik, maupun obat-obatan.

Kepala Badan POM Penny Lukito menyampaikan bahwa acara ini juga wujud komitmen BPOM untuk mendorong riset di tataran universitas maupun di industri sendiri dalam rangka meningkatkan kualitas, mutu, dan khasiat. 
 
Kegiatan hari ini merupakan rangkaian untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang progres langkah dan upaya Badan POM dalam pendampingan kepada peneliti dan pelaku usaha, kata Penny di sela-sela pembukaan di Kemayoran, Jakarta (10/12).
 
Pendampingan tersebut, sambung Penny, bertujuan untuk mengawal agar produk inovasi riset yang siap dihilirisasi memenuhi persyaratan untuk memperoleh izin edar. Selain itu, riset dan pengembangan tersebut diharapkan menghasilkan produk-produk inovasi dalam negeri untuk menekan ketergantungan kepada produk impor.  
 
"Saat ini pemerintah mendorong agar produk riset tidak hanya berakhir di publikasi jurnal ilmiah, namun juga dapat dikomersialisasi agar dapat dimanfaatkan lebih luas atau memberikan kemanfaatan bagi masyarakat," tambah Penny. 
 
Kegiatan ini juga ini membahas beberapa materi menarik melalui seminar terkait penelitian dan pengembangan Obat dan Makanan yang siap dihilirisasi, antara lain produk obat berasal dari stem cell (metabolit), albumin dari ikan gabus, produk darah, fitofarmaka, dan bahan pangan spesifik lokal.
 
"Kami mengharapkan kegiatan ini menjadi forum yang dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menginventarisasi penelitian yang berpotensi dihilirasi dan menjadi media komunikasi serta membangun intensive partnership dan sinergi antara ABG (academia, business dan government)," pungkasnya. 
244