Home Ekonomi Balas Budi, Cina Setuju Beli U$5 Miliar Hasil Pertanian AS

Balas Budi, Cina Setuju Beli U$5 Miliar Hasil Pertanian AS

Washington, Gatra.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, telah menyetujui untuk menangguhkan pemberlakuan tarif tambahan atas produk Cina senilai US$160 miliar yang rencananya akan dieksekusi pada Ahad 15 Desember besok. Atas Imbalan tersebut, berdasarkan sumber Anonim, Cina berjanji akan meningkatkan pembelian produk-produk pertanian AS.

Dilaporkan Reuters, malahan, Beijing sudah setuju untuk membeli barang pertanian AS senilai US$50 milyar pada tahun 2020. Jika betul terlaksana, pembelian produk pertanian AS oleh Cina, angkanya akan naik dua kali lipat dibanding tahun 2017.

Menurut Departemen Pertanian AS, Cina membeli US$24 miliar dalam produk pertanian AS pada tahun 2017. Adapun, langkah ini, termasuk de-eskalasi hubungan bilateral ke dua negara.

Memang, selama ini, perang perdagangan AS-Tiongkok telah memperlambat pertumbuhan global dan mengurangi keuntungan serta investasi bagi perusahaan di seluruh dunia.

Bahkan, Amerika Serikat telah mengumumkan gelontoran dana US$ 28 miliar dalam bentuk subsidi untuk diberikan kepada para petani Amerika yang terkena dampak perselisihan tersebut.

"Jika ditandatangani, ini adalah fase pertama yang menggembirakan yang meletakkan dasar di bawah kerusakan lebih lanjut dari hubungan bilateral," kata Presiden Dewan Bisnis AS-Cina Craig Allen, Kamis (12/12) waktu setempat.

“Tapi ini baru permulaan. Masalah-masalah yang dihadapi AS dan Cina adalah kompleks dan multi-segi. Mereka tidak mungkin semuanya diselesaikan dengan cepat," tambahnya.

1926