Home Gaya Hidup Dodi Reza Raih Moeslim Choice Award 2019

Dodi Reza Raih Moeslim Choice Award 2019

Palembang, Gatra.com – Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin berhasil meraih penghargaan Moeslim Choice Award 2019, dalam katagori good government. Dodi dinilai sukses menjalankan perda zakat yang digagasnya.

Selain program zakat, penilaian terhadap program pendidikan bagi santri, pendirian ponpes gratis bagi anak-anak yatim dan dhuafa, serta berhasil menggerakkan pegawai negeri guna menghasilkan sumbangan hingga Rp1miliar bagi masyarakat Palestina.

"Di Muba telah diterbitkan peraturan zakat yang telah ditetapkan sejak Maret 2019 lalu dan alhamdulillah sudah berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Dodi usai menerima penghargaan tersebut di Jakarta, Kamis (12/12) malam.

Di Muba sebanyak 7.398 pegawai negeri sipil diwajibkan membayar zakat dari penghasilan bersihnya, sehingga mampu mengumpulkan Rp700juta/bulan, dan jika ditambah dengan tunjangan tambahan penghasilan pegawai (TPP) bisa mencapai Rp2 miliar.

"Peruntukan zakat dan wakaf sebagai akselerasi program SDGs terutama penurunan angka kemiskinan, penyediaan infrastruktur dasar, ketahanan pangan, peningkatan pendapatan dan memastikan tidak ada satupun orang yang tertinggal," jelas Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah itu.

Selain itu, Dodi Reza juga telah menerapkan program santri jadi dokter serta mendirikan pondok pesantren yang santrinya dikhususkan untuk anak-anak yatim. "Semuanya kita fasilitasi gratis, dan Alhamdulillah program ini terus berjalan," ungkapnya.

Diketahui, penghargaan Moeslim Choice Award 2019 kategori Government Award diberikan kepada Dodi Reza atas kepemimpinannya di pemerintah Muba dalam menjalankan roda pemerintahan dan berbagai kebijakan yang diterapkan yang dinilai sangat berpihak dan memprioritaskan kepentingan umat Muslim.

Ketua Panitia Moeslim Choice Award 2019, Usman Rizal mengatakan penghargaan yang diberikan ini diperuntukkan bagi orang-orang yang telah memberikan pengaruh positif pada kemajuan Indonesia dengan program dan inovasi yang telah dijalankan.

"Atas penilaian tim di lapangan yang melihat track record serta kinerja Bupati Muba Dodi Reza, maka dia sangat pantas dan pas meraih award kategori Good Government," ucapnya.

Tokoh dan Kepala Daerah lain di Indonesia yang meraih penghargaan Moeslim Choice Award 2019 yakni diantaranya Wapres RI 2014 - 2019 Jusuf Kalla Gubernur Jakarta Anis Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Banten Wahidin Halim, Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Kemudian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadi Muldjono, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nurwahid, Tokoh Agama Habib Umar Abdul Aziz, Ustadz Gus Miftah, serta beberapa tokoh-tokoh lainnya dan lembaga-lembaga yang telah memberikan kontribusi dan pengaruh positif di Indonesia.

 

237