Home Ekonomi PT Mahaka Tuntas Lakukan Restrukturisasi pada 2020

PT Mahaka Tuntas Lakukan Restrukturisasi pada 2020

Jakarta, Gatra.com – PT Mahaka Radio Integra Tbk (Perseroan) menyongsong datangnya 2020 dengan menyusun strategi. Khususnya memperkuat lini bisnis percetakan melalui Pustaka Abdi Bangsa (PAB) agar bisa membalik kerugian tahun ini.

“Sejujurnya, secara pembukuan, yang berkontribusi besar di Mahaka Media itu penerbit buku Pustaka Abdi Bangsa. Memang yang hangat isunya bisnis cetak lagi drop, tapi percetakan buku justru tumbuh subur. Bagaimana pun buku tak bisa digantikan oleh digital. Orang tentu masih tetap butuh fisiknya,” kata Adrian Syarkawie, selaku Presiden Director MARI kepada media usai menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Mercure Hotel Cikini, Jakarta, Jumat (13/12) sore melalui rilis yang diterima Gatra.com.

Selain merancang strategi bisnis tahun 2020 guna membalik kerugian, PT MARI juga melakukan restrukturisasi dengan mengangkat Direktur Utama Mahaka Grup Rudi Laksmana sebagai Komisaris Utama baru yang sebelumnya dijabat oleh Erick Thohir B.A., M.B.A.

Pergantian kepemimpinan Mahaka Grup ini berkaitan dengan diangkatnya Erick Thohir sebagai Menteri BUMN periode 2019-2024, tentu saja Erick harus melepas semua jabatan diluar kepemerintahan untuk menghidarkan conflict of interest.

Adrian Syarkawie dan sejumlah dewan direksi serta jajaran komisaris sebelumnya telah melakukan perencanaan bisnis untuk Mahaka Radio jauh hari sebelum pertemuan RUPS dilaksanakan. Perencanaan tersebut antara lain dengan meluncurkan platform konten Audio Indonesia yaitu NOICE yang telah launching pada bulan Oktober 2019 lalu.

Dalam perjalanannya NOICE Telah memiliki 6.000 konten musik dan 2.500 konten poadcast dengan durasi rata-rata setiap user selama 30-40 menit, NOICE dengan berani melakukan perancangan strategi bisnis yang lebih matang, diantaranya; mengakuisisi user secara masive, melakukan activity off air antar kota di Indonesia, membuat serta mempublikasikan konten-konten eksklusif, merilis NOICE versi website, terus melakukan penyempurnaan mobile apps, dan membesarkan konten atau kanal musik.

Selain NOICE, Grup Mahaka Radio juga akan terus meningkatkan performa setiap station radio yang ada didalamnya, terutama Mustang Fm, Kis Fm, dan Most Radio sebagai station muda yang baru bergabung sekitar 2 tahun dengan tetap menjaga station radio pendahulunya yaitu Jak Fm, Gen Fm Jakarta, dan Gen Fm Surabaya.

“Perencanaan bisnis tentu diharapkan dapat berjalan secara maksimal dan berdampak positif bukan hanya untuk NOICE tapi juga untuk seluruh station radio di Grup Mahaka Radio Integra” jelas Adrian Syarkawie.

187