Home Gaya Hidup JLS Jabar-Jateng Siap Dilalui Pemudik Natal dan Tahun Baru

JLS Jabar-Jateng Siap Dilalui Pemudik Natal dan Tahun Baru

Cilacap, Gatra.com – Bina Marga menyatakan Jalan Nasional Lintas Selatan (JLS) ruas perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah hingga Wangon, Banyumas siap dilalui pemudik pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2019-2020.

Pengawas Lapangan PPK PJN Perbatasan Jabar-Wangon, Pujiono mengatakan pada masa libur natal dan tahun baru ini, pihaknya mengutamakan agar jalan bisa dilalui dengan lancar. Karenanya, pihaknya menyiagakan petugas khusus lapangan untuk memantau kondisi jalan.

“Pihak kami siap siaga terus mas. Kami mengutamakan jalan lancar dulu,” katanya, Sabtu (14/12).

Pujiono mengakui ada sejumlah ruas jalan yang butuh penanganan khusus. Di antaranya di wilayah Sengkala, perbatasan Karangucung-Cilacap dengan Lumbir, Banyumas. Kemiringan jalan lebih dari normal.

Dia menduga tanah labil menjadi penyebab. Peralihan musim dari kemarau ke penghujan menyebabkan permukaan jalan berubah.

“Tanah di situ labil sekali. Kalau kena kemarau susut, kalau kena hujan mengembang,” jelasnya.

Menurut dia penanganan di ruas ini harus dilakukan secara khusus. Karenanya, pihaknya mengajukan anggaran perbaikan pada 2020.

“Insya Alloh dalam pantuan kami terus. Mudah-mudahan Natal dan tahun baru ruas Wangon hingga perbatasan Jabar aman terus Mas,” ujarnya.

Dalam pantauan Gatra.com, sejumlah ruas jalan di JLS wilayah Cilacap bergelombang meski masih dalam kondisi aman dilalui. Di antaranya di Kecamatan Cimanggu dan Kecamatan Karangpucung.

1097