Home Politik Mencari Pesepakbola Sumut Untuk PON 2024

Mencari Pesepakbola Sumut Untuk PON 2024

Medan, Gatra.com - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara cari cikal bakal sepakbola untuk menjadi skuad masa depan. Pencarian itu dilakukan melalui Kejuaraan Sepakbola Pelajar U-17 Piala Gubernur Sumatera Utara (Sumut) 2019 yang digelar 16 sampai 27 Desember mendatang.

Ada pun para peserta, PS Keluarga USU, Tanjung Balai, PSMS Medan, Medan, Labuhanbatu Utara, Tebingtinggi, KKBO United Langkat, Humbahas, Gumarang FC, Deli Serdang, PS Disporasu, Batubara, Bansar FC Gebang Langkat, Binjai, Asahan.

Kejuaraan ini dibuka Gubernur Sumut melalui Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian. "Harapan kita tentu atlet-atlet pelajar kita ini menjadi harapan di event PON 2024. Maka, kita harus mempersiapkan mereka sejak dini. Seperti Piala Gubsu ini beberapa kali kita putar," tutur Baharuddin.

Dihadapan Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis, Sekretaris Asprov PSSI Sumut, Fityan Hamdi dan Forkopimda Sumut, Baharuddin menyebutkan, melalui ajang ini pula menjadi kabupaten/kota menyiapkan skuad terbaiknya. "(Kejuaraan) ini setiap daerah membawa pemain unggul untuk di laga di sini, agar didapat bibit unggul pada PON 2024," sebutnya.

"Melalui turnamen U-17 ini, setelah itu PSSI harus mengambil alih ini juga dan berkoordinasi dengan KONI Sumut sehingga pembinaan atlet itu bisa berjalan dengan baik," tambah Baharuddin.

Sedangkan Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis mendorong dari kejuaraan ini menjadi cikal bakal pesepakbola untuk PON 2024 mendatang. "Kejuaraan ini paling banyak diikuti. Kalianlah menjadi andalan sepakbola Sumut. Kita harapkan muncul bibit sepakbola," tutur John.

Sisi lain, John menyebutkan jika harapan besar Karo United yang tengah berjuang lolos ke Liga 2 musim depan, kiranya tercapai. Jika terwujud, maka dua tim dari Sumut yang berlaga di Liga 2 musim depan. "Mudah-mudahan Karo United lolos ke Liga 2 dan bertarung bersama PSMS Medan untuk bisa ke Liga 1," harapnya.

Reporter: Iskandar

319