Home Milenial Formalindo Apresiasi Gerak Cepat Dinas Pendidikan Medan

Formalindo Apresiasi Gerak Cepat Dinas Pendidikan Medan

Medan, Gatra.com – Forum Masyarakat Literasi Indonesia (Formalindo) Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi gerak cepat yang dilakukan dinas pendidikan Kota Medan merespon kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Formalindo, Agus Marwan mengatakan bahwa Kota Medan merupakan daerah kedua yang mengaplikasikan merdeka belajar di Sumatera Utara (Sumut). Sebelumnya kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) telah melakukan hal yang sama. 

Baca Juga: Keterampilan Membaca Pondasi Merdeka Belajar

Agus berharap, program Medan Merdeka Belajar dapat diaplikasikan dengan baik. Serta menciptakan paradigma baru dalam pengembangan pendidikan di Medan. Terlebih dalam mencetak generasi yang inovatif dan kreatif. 

“Sekolah-sekolah juga harus mengembangkan program Medan Merdeka Belajar karena memang program tersebut sangat baik untuk pengembangan pendidikan saat ini. Program Nadiem harus segera dilakukan di sekolah,” jelasnya.

Baca Juga: Akhyar Nasution Wajibkan Sekolah Terapkan Program Nadiem

Keistimewaan lain dari Kota Medan dalam merespon program Nadiem, adalah pembuatan media komunikasi dan publikasi program dalam bentuk website. Selain itu, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan, Akhyar Nasution mewajibkan seluruh sekolah di Medan untuk segera menerapkan program merdeka belajar.

“Untuk Medan memilik medanmerdekabelajar.com, media komunikasi dan informasi ini juga menjadi media monitoring terhadap pelaksanaan program medan merdeka belajar. Jadi semua pihak bisa melihat perubahan yang dilakukan di sekolah masing-masing,” jelasnya.

Baca Juga: Program Merdeka Belajar Nadiem Diterapkan di Medan

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Masrul Badri mengatakan bahwa  program merdeka belajar sangat baik untuk pengembangan mutu pendidikan. Karena itu dinas pendidikan Kota Medan gerak cepat merespon program tersebut. 

Dinas pendidikan telah menginstruksikan kepada seluruh sekolah agar melakukan perubahan secara perlahan dalam menjalankan program merdeka belajar. Nantinya setiap perubahan akan dievaluasi untuk kebaikan bersama. 

Baca Juga: Mutu Pendidikan Harus Ditingkatkan

Organisasi pendidikan di tingkat kecamatan juga harus melakukan pertemuan dan pengembangan program. Sehingga program medan merdeka belajar dapat terwujud diseluruh sekolah dengan baik. 

Reporter: Baringin Lumban Gaol

237