Home Politik Pimpinan DPR RI Waspadai Dua Tantangan di 2020

Pimpinan DPR RI Waspadai Dua Tantangan di 2020

Jakarta, Gatra.com - Ketua DPR RI Puan Maharani menuturkan, ada dua tantangan yang harus dihadapi negara pada 2020. Keduanya yakni, tantangan ekonomi lantaran ketidakpastian global dan politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Oleh sebab itu, Puan mengajak semua elemen masyarakat dan pemerintah untuk menjalin semangat persatuan dan kerukunan nasional. Sebab dua hal tersebut merupakan landasan sifat dasar bangsa Indonesia, yakni gotong royong, sehingga segala tantang dapat teratasi.

"Kita optimis dengan semangat gotong royong yang menjadi sifat dasar bangsa ini maka segala tantangan di 2020 akan teratasi. Tentu saja sikap bergotong royong akan muncul bila dilandasi semangat persatuan dan kerukunan nasional," ucap Puan berdasarkan keterangan resminya di Jakarta, Selasa (31/12).

Puan melanjutkan, persatuan dan kerukunan nasional menjadi fundamental mengingat tahun 2020 akan ada 270 pilkada yang berlangsung serentak. Sebagai bagian dari proses demokrasi, Pilkada 2020 harus menghadirkan kegembiraan politik untuk mencari pemimpin-pemimpin daerah terbaik, bukan menjadi ajang konflik horizontal.

Puan menegaskan, DPR bersama pemerintah, serta penyelenggara pemilu, akan memastikan proses pilkada serentak 2020 berlangsung jujur dan adil (jurdil). Tentunya lewat peraturan yang disusun bersama.

"Mari kita hadapi tantangan ekonomi dan politik tahun 2020 dengan optimistis lewat semangat gotong royong untuk mencari solusi terbaik bagi bangsa ini," kata Puan.

Lebih jauh, Puan mengimbau agar seluruh anggota DPR 2019-2024 dapat menjalankan fungsinya secara konstruktif. Hal itu perlu dilakukan untuk memastikan program-program pemerintahan hasil Pilpres 2019 dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Program-program pemerintah, kata Puan, harus menjamin terpenuhinya hak-hak dasar warga di bidang sosial dan ekonomi. Misalnya berupa penyediaan lapangan kerja, layanan kesehatan, pendidikan, dan pelayanan publik lainnya.

"Agar masyarakat makin merasakan hadirnya keadilan sosial," tuturnya.

96