Home Kebencanaan Ke Daerah Banjir, Kapolri-Panglima TNI Datangi PLN Kembangan

Ke Daerah Banjir, Kapolri-Panglima TNI Datangi PLN Kembangan

Jakarta, Gatra.com - Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Komjen Idham Aziz melakukan kunjungan ke sejumlah wilayah terdampak banjir di Jakarta. Tempat yang dikunjungi pertama PLN Gas Insulated Substation Tegangan Ekstra Tinggi (GISTET) Kembangan, Jakarta Barat.

Hadi mengatakan bahwa PLN Gistet Kembangan sempat terganggu operasinya karena terendam banjir. "Di mana beberapa hari yang lalu terendam oleh air karena curah hujan pada tanggal 1 [Januari] cukup tinggi. Ditambah letak dari gardu induk Kembangn ini berdekatan dengan Sungai Angke," ujar Hadi saat berada di lokasi, Jumat (3/1).

Ketikda Hadi dan Idham datang, keduanya disambut oleh Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo. Mereka kemudian melihat langsung gardu-gardu yang penyuplai yang sebelumnya sempat teremdam.

"Saya melihat secara langsung gardu-gardu penyuplai yang ada terendam oleh air. Tapi karena kesigapan anggota TNI dan Polri untuk membantu menormalisasi gardu induk Kembangan ini, bisa dilaksanakan bantuan seperti normalisasi tanggul dan pembersihan," ujar Hadi.

Hadi menambahkan bahwa gardu itu kemungkinan sudah bida beroperasi normal setelah Jumatan hari ini. Mengingat gardu tersebut sangat penting sebab kebutuhan listrik addiyakini unsur yang nomor satu.

Hal senada juga disampaikan Darmawan. Menurutnya begitu air surut, tim dari PLN akan membersihkan gardu induk dan melakukan pengecekan seluruh alat untuk memastik semuanya berfungsi dengan baik. "Tetapi dari testing dari tadi pagi, Insya Allah akan berjalan dengan baik. Insya Allah setelah Jumatan bisa berfungsi kembali," ujarnya.

165