Home Politik Inilah Media dan Jurnalis Pemenang Adam Malik Award 2020

Inilah Media dan Jurnalis Pemenang Adam Malik Award 2020

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menggelar "Adam Malik Awards 2020" yang merupakan anugerah penghargaan bagi para awak media dalam berkontribusi memberikan informasi diplomasi kepada masyarakat. 

Pada penghargaan tahun ini, Kemlu membuat kategori yang lebih banyak daripada anugerah penghargaan di tahun-tahun sebelumnya. Penghargaan "Adam Malik Awards" bermula di tahun 2002, dan memiliki tiga kategori: Media Cetak Terbaik; Media Eletronik Terbaik; dan Media Online Terbaik. 
 
Perkembangannya, di tahun 2003 penghargaan ini membuat kategori Editorial Terbaik. Kemudian di tahun 2005 membuat kategori Jurnalis Terbaik. Sementara, pada "Adam Malik Awards 2020" Kemlu membuat enam kategori: Media Cetak Terbaik; Media Online Terbaik; Media TV Terbaik; Media Radio Terbaik; Jurnalis Cetak Terbaik; dan Jurnalis Online Terbaik. 
 
Juri yang dibantu konsultan independen, menghimpun berita-berita yang dimuat oleh setiap media untuk setiap kategori, dan dinilai secara terpisah. Lima kriteria yang dinilai ialah muatan edukasi, penyajian yang informatif, fakta yang tepat, opini yang seimbang, dan intensitas berita yang dimuat, terutama dalam satu tahun terakhir.
 
Para pemenang "Adam Malik Awards 2020" dari enam kategori tersebut adalah: Koran Republika diganjar sebagai nominasi pemenang Media Cetak Terbaik; Sementara LKBN Antara dinobatkan sebagai Media Online Terbaik; Media Televisi Terbaik adalah Kompas TV; Media Radio Terbaik untuk RRI Pro 3;
 
Sementara untuk kategori jurnalis, Dian Septiari dari Jakarta Post dinobatkan sebagai Jurnalis Media Cetak Terbaik; dan Rina Ayu Pancarini sebagai Jurnalis Media Online Terbaik.
 
Anugerah ini menunjukkan niat Indonesia untuk membuka diskusi yang seluas-luasnya terkait isu-isu diplomasi. Seiring waktu menurut data Kemlu RI sendiri, peningkatan jumlah media massa cetak dan online terkait isu-isu diplomasi luar negeri cukup signifikan.
379