Home Hukum BPK Blak Blakan, Sudah Investigasi Pendahuluan Sejak 2018

BPK Blak Blakan, Sudah Investigasi Pendahuluan Sejak 2018

Jakarta, Gatra.com- Kasus Jiwasraya sedikit demi sedikit mulai terbongkar. Beberapa penyimpangan ditemukan, termasuk cost of fund terhadap produk asuransi yang dijual.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah melakukan investigasi pendahuluan pada 2018 terhadap PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

"Kita lakukan entry meeting. Kemarin entry meeting. Konstruksi dan hal-hal tindak lanjut. Audit disampaikan, telah terindentifikasi pencekalan ke luar negeri," ucap Ketua BPK, Agung Firman Sampurna, di kantornya, Rabu (8/1/2020).

Menurutnya, penempatan saham yang dilakukan Jiwasraya kurang baik. Menindaklanjuti investigasi 2018, penyimpangan berindikasi fraud.

"BPK sedang pemeriksaan investigasi dan menindaklanjuti investigasi pendahuluan. Kondisi kita, pilihan kebijakan harus hati-hati. Risiko sistemik. Masalah akan kita ungkap. Mereka yang bertanggung jawab akan diidentifikasi,"tuturnya.

Sedangkan Jaksa Agung, Burhanuddin menuturkan ada sekitar lima ribu transaksi lebih perlu diusut.

"Kita sudah punya ancer-ancer siapa pelakunya. Kerugiannya sudah tau. Prosesnya lama, beri kesempatan kami. Itu memerlukan waktu. Kami ingin ungkap siapa yang paling bertanggung jawab," ujarnya.

119