Home Gaya Hidup Mencicipi Rendang Daging Kuda Khas Doloksanggul

Mencicipi Rendang Daging Kuda Khas Doloksanggul

Doloksanggul, Gatra.com - Jika berkunjung ke Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut), tak ada salahnya mencoba mencicipi kuliner yang sangat khas, yakni daging kuda.
 
Daging kuda ini biasanya dihidangkan dengan direndang. Proses memasaknya juga terbilang cukup lama. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan cita rasa yang tinggi dan khas.
 
Pemilik Rumah Makan, Boru Sinaga mengatakan, memasak daging kuda memang harus lebih lama. Selain untuk mempertahankan cita rasa, waktu yang lama juga agar daging lebih empuk dan enak untuk disantap.
 
"Kita tetap pertahankan cita rasanya, itu intinya. Dengan demikian pelanggan tidak kecewa. Rumah makan ini sudah turun temurun," jelasnya ketika ditemui Gatra.com di Jalan Letkol, Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan beberapa waktu yang lalu.
 
Sementara itu, salah satu pengunjung Hendra Simanjuntak mengaku, puas menyantap masakan khas dari Doloksanggul ini. Menurutnya, daging kuda yang khas ini layak untuk dicicipi jika mengunjungi Doloksanggul, Humbang Hasundutan.
 
Untuk bisa menikmati daging kuda, anda cukup merogoh kocek Rp35.000 satu porsinya. Penikmat kuliner ini juga sudah disuguhi dengan sup daging kuda. 
 
Sebagai informasi, daging kuda ini sudah lulus dan layak konsumsi bagi umat muslim. Semua daging kuda yang bakal di jual di pasar terlebih dahulu dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH). 
 
Selama periode (1850-1980) penjual daging kuda berjumlah 20 orang namun setelah 1980 jumlah penjual daging kuda setiap tahunnya berkurang sehingga sampai sekarang hanya satu orang.
 
Pasokan kuda di Dolokdanggul sekarang ini didapat dari luar daerah Doloksanggul, seperti Brastagi, Aceh, Magelang, dan Sumatera Barat. Kuda yang bisa dipotong untuk dijual biasanya kuda yang harganya 10-20 juta per ekor. 
3397