Home Kebencanaan BMKG: Hujan Deras Guyur Jateng hingga Maret 2020

BMKG: Hujan Deras Guyur Jateng hingga Maret 2020

Semarang, Gatra.com - Hujan deras diperkirakan bakal mengguyur seluruh wilayah di Jawa Tengah (Jateng) hingga Maret 2020.

Oleh karenanya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Semarang mengimbau masyarakat agar waspada bencana banjir dan tanah longsor.

Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Tris Adi Sukoco, menyatakan hingga waktu tersebut, hujan deras merata melanda semua 35 kabupaten/kota di Jateng.

“Curah hujan cukup tinggi yakni di atas 100 milimeter per hari diperkirakan berlangsung hingga Maret mendatang,” katanya kepada Gatra.com di Semarang, Jumat (10/1).

Tingginya curah hujan ini, menurut Sukoco karena pengaruh monsun Asia atau dikenal masyarakat Jateng dengan angin barat.

Wilayah yang dilanda hujan deras tidak hanya di Jateng, tapi juga di sejumlah wilayah Indonesia bagian barat, selatan, dan tengah.

“Curah hujan normal bila di bawah 100 milimeter per hari, karena adanya pengaruh monsun Asia curah hujan menjadi tinggi,” ujarnya.

Meski hujan deras, lanjut Sukoco tidak akan disertai dengan angin kencang. Angin kencang telah terjadi pada peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan lalu.

Kendati begitu, masyarakat agar tetap waspada karena sewaktu-waktu bisa terjadi hujan deras disertai dengan angin kencang.

“Intensitas angin kencang sudah berkurang. Tidak sebanyak waktu peralihan atau pancaroba dari musim kemarau ke penghujan awal Januari,” ucapnya.

Sementara berdasarkan prakiraan BMKG Ahmad Yani Semarang, pada 10 Januari 2020 daerah yang diguyur hujan antara lain, Brebes,Tegal, Kota Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kota Pekalongan, Batang, Kendal, Cilacap, Banyumas/Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Kab. Semarang, Kota Semarang, Salatiga, Boyolali, Karanganyar, Sragen, Grobogan, dan Blora.

Sedangkan pada 11 Januari 2020, hujan melanda Brebes, Tegal, Kota Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kota Pekalongan, Batang, Kendal, Cilacap, Banyumas/Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Kabupaten. Semarang, Salatiga, Boyolali, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Purworejo, Kebumen.

986