Home Politik KLHK Minta Evaluasi dan Rencana UPT DAS 2020

KLHK Minta Evaluasi dan Rencana UPT DAS 2020

Jakarta, Gatra.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar meminta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk menyampaikan evaluasi 2019 dan rencana pada 2020 mendatang.

"Pokok kerja hari ini adalah mendengar evaluasi dari semua UPT DAS di Indonesia tentang RKL 2019 dilakukan. Kami juga ingin dengar persoalan di lapangan dan proyeksinya yang nanti harus dilaporkan secara singkat tetapi substansial oleh kepala UPT," kata Siti di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta Pusat, Senin (13/1).

Menteri Siti juga menyatakan evaluasi ini penting mengingat sudah arahan dari Presiden Jokowi untuk lebih keras dan cepat dalam pemulihan lingkungan, terutama rehabilitasi di sekitaran DAS.

"Ke depannya, UPT DAS ini tidak hanya berpikir teknis seperti penanaman pohon saja, tapi perspektifnya diperluas. Kalau ada pembangunan yang tidak sustainable dan tak sesuai dengan prinsip pengelolaan DAS, buka omongan dengan Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH), jangan diam-diam saja," tegasnya.

Menteri Siti berharap kesinambungan kerja berbagai pihak tetap terjalin dengan baik, sehingga persoalan banjir dan longsor yang terjadi di wilayah DAS dapat terselesaikan. 
 

73

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR