Home Milenial Kemendikbud Kembali Jadi Penyusun Soal CPNS 2020

Kemendikbud Kembali Jadi Penyusun Soal CPNS 2020

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menjadi pihak yang dipercaya untuk menyusun soal seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahap seleksi kompetensi dasar (SKD) tahun 2020. 

“Nantinya, penyusunan soal SKD tersebut melibatkan unsur dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT),” kata Mendikbud Nadiem Anwar Makarim di di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (13/1).

Mendikbud Nadiem menjelaskan, Kemendikbud juga akan melibatkan para koordinator penyusunan soal CPNS tahun 2018, yang merupakan dosen-dosen yang berkompeten dari perguruan tinggi, serta didampingi ahli konstruksi Soal dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud.

"Sebagai salah satu instrumen penting dalam menjaring calon-calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkelas dunia, penyusunan soal SKD tahun 2019 akan dilaksanakan melalui beberapa tahapan dan melibatkan berbagai pihak," kata Nadiem.

Nadiem mengatakan penyusunan kisi-kisi soal SKD tahun 2019 akan diawali dengan proses evaluasi soal dan kisi-kisi SKD tahun 2018. Dalam prosesnya, penyusunan soal SKD tahun 2019, menggunakan aplikasi yang difasilitasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Untuk memastikan bahwa Soal yang telah disusun sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar, telah dilakukan telaah bahasa oleh para ahli bahasa dari Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan,” tutur Mendikbud. 

Nadiem juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut serta membantu Kemendikbud dalam penyusunan soal.

Mendikbud Nadiem juga berkesempatan menyerahkan naskah soal SKD CPNS Tahun 2019 kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan CPNS Tahun 2019, yang diwakili oleh Menteri PAN dan RB, Tjahyo Kumolo. 

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, turut hadir menyaksikan acara serah terima soal SKD CPNS 2019.

295

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR