Home Ekonomi PLN Garap Pasar Pelanggan Premium di Solo

PLN Garap Pasar Pelanggan Premium di Solo

140

Solo, Gatra.com – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero mulai menggarap pasar premium untuk pelanggan listrik di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dua sektor yang dibidik yakni pasar swasta dan instansi pemerintah.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (IUD) Jawa Tengah dan DIY Feby Joko Priharto mengatakan, jika pemasaran listrik untuk pelanggan premium ini sudah dilakukan sejak dua tahun lalu. Namun masih belum banyak pelanggan yang tertarik untuk berpindah pada layanan listrik premium.

”Saat ini baru ada 38 pelanggan listrik premium di wilayah Jateng dan DIY, semuanya dari sektor swasta,” ucapnya saat ditemui di Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung pada Rabu (15/1).

Untuk itu PLN berencana menggarap pasar ini secara serius. Sebab dengan berpindah pada layanan premium, pelanggan akan mendapatkan banyak keuntungan. Untuk layanan premium, PLN menggunakan dua penyulang sekaligus.

”Jadi saat ada gangguan pada pasokan utama, maka akan langsung diganti dengan pasokan listrik cadangan. Jadi pasokan pada pelanggan tidak akan terganggu,” ucapnya.

Proses pergantian listrik ini terjadi selama 0,4 detik saja. Sehingga tidak akan mengganggu pasokan listrik di pelanggan. ”Penggunaan listrik untuk lift, eskalator dan pendingin ruangan tetap hidup,” ucapnya.

Untuk tarifnya tak jauh berbeda dengan layanan reguler. Pasalnya tarif pelanggan premium hanya terpaut 6 persen dari tarif biasa. ”Tapi saat ini layanan premium hanya bisa dinikmati pelanggan dengan daya menengah. Diantaranya perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel atau instansi pemerintah atau pelanggan kelas menengah lainnya,” ucapnya.

Sementara, itu Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan pihaknya telah meminta pada kantor pelayanan public di kota Solo untuk beralih pada listrik premium. Layanan premium ini mendukung agar pemerintah memberikan pelayanan yang lebih optimal pada masyarakat.

Saat ini layanan listrik premium sudah dipasangn di Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung. Bahkan Loji Gandrung menjadi bangunan milik pemerintah yang pertama menggunakan layanan listrik premium di Jawa Tengah.

”Rencananya tahun ini di kantor pelayanan public akan kami ganti dengan seperti ini semua,” ucapnya.

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS