Home Ekonomi Pemkab Cilacap Terus Kembangkan Kawasan Industri

Pemkab Cilacap Terus Kembangkan Kawasan Industri

Cilacap, Gatra.com – Pemerintah Kabupaten Cilacap terus mengembangkan kawasan industri untuk mempermudah investasi skala besar. Terlebih, di Cilacap ada industri hulu, berupa listrik, gas, dan semen.

Kepala Bidang Promosi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Cilacap, Agung Wibowo mengatakan, pada 2019 lalu, ada sejumlah perusahaan yang telah menandatangani Letter of Intent (LOI) atau ketertarikan berinvestasi di Cilacap denga nilai investasi mencapai Rp17,7 tiriliun.

Terbesar, kata dia, adalah industri pengolahan logam. Rencananya, pabrik pengolahan logam itu akan ditempatkan di kawasan industri Cilacap timur.

“Di timur kita punya kawasan industri, kurang lebih 2.000-an hektare. Di sana sudah dipakai PLTU, kemudian tambak udang,” katanya.

Menurut dia, salah satu faktor yang menyebabkan investor tertarik menanamkan modalnya di Cilacap adalah ketersediaan lahan. Kini, tinggal pemerintah membangun infrastruktur pendukung, seperti jalan untuk semakin mempermudah investor.

Selain di sisi timur, Cilacap juga menyediakan kawasan di sekitar Laguna Segara Anakan sebagai kawasan industri. Di antaranya di Donan, Cilacap, Kawunganten, Bantarsari, hingga ke barat Gandrungmangu.

“Kita ada lahan. Ada juga yang dimiliki masyarakat. Kalau lahannya puluhan hektare,” ujarnya.

Selain kawasan industri, Pemkab Cilacap juga akan lebih mempermudah investor dengan Mall Pelayanan Publik (MAP) usai kini memberlakukan Online Single Submission (OSS) untuk pengurusan izin investasi.

“Layanannya lebih dari 100 layanan, terdiri dari instansi Pemda dan instansi vertikal,” jelasnya.