Home Milenial Cara Kodim Sumbawa Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air & Bangsa

Cara Kodim Sumbawa Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air & Bangsa

Sumbawa, Gatra.com-Berbagai upaya pembinaan calon generasi penerus bangsa terus dilakukan terutama kepada siswa-siswi SMP di Kabupaten Sumbawa seperti yang dilakukan Danramil 1607-04/Alas Kapten Inf Armansyah, dan Babinsa Semamung Koramil 1607-08/Moyo Hulu Koptu Anton H. Hari ini, Danramil Alas bertindak sebagai inspektur upacara di SMPN 1 Alas dan Babinsa Semamung selaku Irup di SMPN 1 Moyo Hulu, Senin (20/1).

“Sebagai siswa-siswi generasi penerus bangsa, adik-adik harus memiliki dan mengetahui tentang sejarah bangsa sebagai salah satu cara menanamkan rasa cinta tanah air, rasa nasionalisme, bela negara serta wawasan kebangsaan agar dapat memahami konsep berbangsa dan bernegara serta empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, dan bela negara yang didalamnya terdapat Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Danramil 1607-04/Alas Kapten Inf Armansyah pada pembinaan Wasbang dabn bela Negara diSMPN 1 Alas, Sumbawa Senin (20/1).

Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai langkah kongkrit satuannya untuk sejak dini menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, membangkitkan jiwa nasionalisme dan patriotisme anak bangsa sehingga mereka memiliki kepedulian, kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsanya sendiri.

Dalam hal bela negara, lanjut Dandim, setiap diri anak bangsa memiliki hak dan kewajiban dalam bela negara. “Ketentuan ini diatur dalam Pasal 27 ayat (3) yang mengatakan setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya Pembelaan Negara dan Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 yang berbunyi tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara,” terang Dandim.

Untuk itu, sejak dini para siswa harus diberikan pembekalan dan pembinaan tentang wawasan kebangsaan dan bela negara yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan sekolah maupun pergaulannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dengan harapan akan lahir generasi penerus yang berkarakter.