Home Hukum Formappi: Pemanggilan Hasto Jangan Cuma Pencitraan KPK

Formappi: Pemanggilan Hasto Jangan Cuma Pencitraan KPK

Jakarta, Gatra.com - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus mengatakan, pemanggilan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) benar-benar untuk pemeriksaan dalam kasus suap PAW anggota DPR, bukan secara politis.

Diketahui, Hasto baru saja menyelesaikan pemeriksaan di komisi antirasuah, pada Jumat, hari ini (24/1). 

Lucius berharap agar pemanggilan itu bukan sekadar pencitraan KPK untuk memberitahukan ke publik bahwa sedang berlangsung penegakan hukum pasca-OTT mantan komisioner KPU, Wahyu Setiawan.

“Kita berharap forum pemanggilan hari ini forum pemeriksaan, bukan forum untuk kompromi, sampai KPK ini bisa memastikan dia bebas intervensi kekuasaan. Kita baru percaya terhadap pemeriksaan elite-elite PDIP, itu benar benar penegakan hukum,” kata Lucius di Kantor Formappi, Jakarta (24/1).

Kendati, Lucius menyebut publik tetap sulit percaya jika pemanggilan saat ini adalah pemeriksaan terhadap Hasto Kristiyanto. Sebab, penyidik lembaga antirasuah itu pernah gagal menyegel atau memasang KPK line di kantor DPP PDIP. 

“Kalau mereka bisa menyegel kantor PDIP, kita baru bilang KPK berani dan hari ini bahwa ini benar-benar pemeriksaan terhadap Hasto,” ujarnya.

Lucius juga meminta agar Dewan Pengawas KPK memperlihatkan peran dalam kasus tersebut. Dewas yang tengah bekerja saat ini, sambungnya, belum terlihat keberaniannya untuk bergerak lebih progresif. 

62

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR