Home Info Kemenhan Menhan Kunjungi Rusia untuk Tingkatkan Kerjasama Strategis

Menhan Kunjungi Rusia untuk Tingkatkan Kerjasama Strategis

951

Jakarta, Gatra.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Rusia, Selasa (28/1). Dalam kunjungan itu, Prabowo menemui Menteri Pertahanan Rusia, Sergey Shoygu di kantor Kementerian Pertahanan Rusia, di Kota Moskow.

Menhan Rusia, Shoygu sebagaima dikutip dari dalam siaran pers Kemenhan Rusia, Rabu (29/1), mengatakan, pertemuan dengan Prabowo bermakna penting karena berlangsung menjelang 70 tahun usia hubungan diplomasi antara Rusia dan Indonesia.

Tidak hanya itu, Shoygu juga menyebut Kemenhan Rusia siap berpartisipasi pada peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus mendatang. "Kementerian Pertahanan Rusia siap berpartisipasi dalam perayaaan itu," ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan kerja sama bilateral, pertahanan dalam kerangka kemitraan strategis termasuk dari sisi militer. Shoygu pun berharap penandatanganan kemitraan strategis antara Rusia dan Indonesia dapat ditandatangani pada tahun ini.

"Kami memandang Indonesia sebagai salah satu partner penting Rusia di kawasan Asia Pasifik," ujarnya. Interaksi antara kedua negara dibangun berdasarkan persahabatan dan saling percaya. Kami, kata Shoygu, mencatat hal itu merupakan prasyarat untuk membawa hubungan bilateral kedua negara ke level kemitraan strategis.

Dalam kesempatan itu, Menhan Prabowo selain menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan Shoygu, Prabowo pun menyebut Indonesia ingin terus meningkatkan hubungan dengan Rusia. "Kami di Indonesia melihat Rusia sebagai salah satu negara terkuat di dunia. Rusia, atau sebelumnya Uni Soviet, selalu menolong Indonesia di masa-masa sulit, selalu di sisi kami," kata Prabowo.

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS