Home Politik Mayoritas Legislator Sebut Tak Ada Masalah Serius soal Agama

Mayoritas Legislator Sebut Tak Ada Masalah Serius soal Agama

Jakarta, Gatra.com -  Sebanyak 46,75% dari 372 anggota DPR memandang ada persoalan serius dalam persoalan kebangsaan dan pendidikan agama sebagaimana hasil survei Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarief Hidayatullah.

PPIM UIN Syarief Hidayatullah merilis hasil survei tersebut dalam acara bertajuk "Pandangan Wakil Rakyat tentang Peran Negara Terharap Pendidikan Agama" di Hotel Century Park Senayan, Rabu (5/2).

Dalam survei ini, PPMI melibatkan 372 anggota DPR 2019-2024 sebagai responden. Survei dilakukan sejak 21 Oktober-17 Desember 2019 menggunakan metode Multiple and Logistic Regression Analysis

“Dari total 372 responden, 46,7% mengatakan ada persoalan serius dalam pendidikan agama. Artinya, jumlahnya lebih sedikit dari mereka yang mengatakan tidak ada persoalan,” ujar peneliti PPIM, Sirojuddin Arief.

Sekitar 53,25% beranggapan bahwa tidak ada persoalan serius pada kebangsaan dan pendidikan agama. "Tidak banyak anggota DPR RI yang memiliki perhatian besar terhadap persoalan-persoalan terkait," ujarnya.

Sirojuddin Arief juga menambahkan, ada 2 pertanyaan yang menjadi fokus penelitiannya. Pertama, naiknya sikap intoleran ekslusif secara keagamaan yang muncul di sebagian kalangan, bahkan sampai dengan sekolah. Kedua, ingin melihat wakil rakyat atau anggota DPR soal peran negara dalam pendidikan agama.

Reporter: HSB

105